-->

Kronik Toggle

Kepsek SD Angkasa IX Dipanggil Soal LKS "Istri Simpanan"

JAKARTA – Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta akhirnya memanggil Kepala Sekolah SD Angkasa IX, Halim, Jakarta Timur. Hal itu terkait adanya laporan orang tua murid kelas 2 SD Angkasa IX terkait perkataan “Istri Simpanan” di dalam cerita ‘Bang Maman dari Kali Pasir’ di LKS Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta (PLBJ) terbitan PT MK.

“Kami merespons hal ini dengan memanggil kepala sekolah untuk menganalisa buku-buku PLBJ,” kata Kepala Seksi Kurikulum TK, SD, dan PLB, Sujadiyono, kepada wartawan, di kantor Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta, Jalan Gatot Soebroto, Jakarta Selatan, Kamis (12/4/2012).

Menurutnya, analisa dilakukan untuk mengkaji apakah benar kata ‘Istri Simpanan’ terdapat dibuku PLBJ atau di buku lainnya.

“Serahkan ke dinas, dinas akan kaji. Jangan-jangan bukan buku itu, jangan-jangan ada di LKS,” tuturnya.

Dinas Pendidikan sendiri, lanjut Sujadiyono, tidak dapat mengawasi peredaran buku apa saja yang dipakai sekolah dalam suatu pelajaran. Hal itu dikarenakan kewenangan pihak sekolah.

“Dinas Pendidikan hanya menetapkan isi buku nya saja,” imbuhnya.

Berikut isi cerita ‘Bang Maman Dari Kali Pasir’ yang dimuat dalam LKS tersebut:

Bang Maman pedagang buah di Kali Pasir. Bang Maman mempunyai anak perempuan bernama Ijah dan dijodohkan dengan Salim anak Pak Darip orang kaya dari Kali Pasir.

Tak lama setelah Salim dan Ijah menikah, Pak Darip meninggal dunia. Pak Darip meninggalkan harta warisan berupa kebun yang sangat luas kepada Salim. Karena Salim tidak bisa mengurus kebun peninggalan ayahnya, dan meminta Kusen untuk mengurusnya.

Namun, Istri Kusen mempunyai rencana jahat, dia meminta suaminya menjual kebun Salim. Setelah dijual, Salim jatuh miskin, harta warisan ayahnya habis dan Akhirnya Salim berjualan buah di pasar.

Mengetahui Salim jatuh miskin, Bang Maman meminta Ijah bercerai dengan Salim, karena Salim telah jatuh miskin. Namun Ijah tidak mau, karena biar miskin Ijah tetap setia kepada Salim.

Karena tak mau bercerai, Bang Maman meminta bantuan kepada Patme supaya berpura-pura menjadi istri simpanan Salim. Patme pun setuju atas permintaan Bang Maman. Kemudian Patme datang ke rumah Salim dan berbicara dengan Ijah. Patme mengaku sebagai istri Salim. Patme dan Ijah bertengkar. Ijah merasa kecewa dan marah kepada Salim.

(lam)

*)Okezone, 12 April 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan