-->

Kronik Toggle

Dongkol Machica Soal Buku Poppy Dharsono

Bandung– Bukan hanya anak mendiang Moerdiono, mantan Menteri Sekretaris Negara era Orde Baru, yang keberatan dengan isi buku Pak Moer-Poppy: The Untold Story, mantan istri siri Moerdiono yang lain, Machica Mochtar, pun mengaku dongkol luar biasa.

“Buku itu sampah semua yang diceritakan tentang saya. Poppy mengarang,” kata Machica di sela seminar nasional tentang Kedudukan Hukum Anak Luar Kawin di aula Universitas Padjadjaran, Bandung, Selasa, 3 April 2012.

Buku tulisan Derek Manangka itu, kata Machica, terkesan hanya menulis yang tidak benar tentang dirinya. “Seakan Machica tidak punya perilaku yang baik, terlibat seks bebas. Sebagian sudah saya baca bukunya,” kata perempuan kelahiran 20 Maret 1972 itu.

Machica pun menyebut buku itu sebagai halusinasi yang tidak bertanggung jawab. Seharusnya, ujar dia, penulisnya melakukan konfirmasi sebelum buku diterbitkan. “Harusnya tanya dulu benarkah ceritanya seperti itu, jadi ada dua sisi,” katanya.

Karena itu, Machica juga sedang menimbang untuk menulis buku. Isinya tentang pertemuan dan kisah cintanya dengan mendiang Moerdiono hingga penyelesaian kasus hukum anaknya untuk mendapat pengakuan sebagai keturunan Moerdiono. “Sudah ada beberapa yang menawarkan untuk menulis buku, tapi saya sedang fokus ke gugatan pengakuan anak saya dulu,” ujarnya.

Bukunya, kata Machica, bukan untuk membalas atau meluruskan kisah buku Poppy. “Masyarakat juga sudah tahu (ceritanya) dari putusan Mahkamah Konstitusi itu,” katanya sambil tersenyum.

Sebelumnya, Mahkamah Konstitusi mengabulkan gugatan Machicha untuk uji materi Undang-Undang Perkawinan. MK memutuskan anak di luar perkawinan juga menjadi tanggung jawab bapaknya, bukan hanya ibunya. Anak tersebut berarti memiliki hubungan perdata dengan ayahnya.

ANWAR SISWADI

*)Tempo.co, 4 April 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan