-->

Lainnya Toggle

Mahasiswa di Malaysia Dapat Diskon Buku, Transport, dan Pakaian

PETALING JAYA – Malaysia melakukan terobosan untuk meringankan biaya hidup mahasiswanya. Mahasiswa di semua lembaga pendidikan tinggi di negara itu akan menerima kartu diskon yang mulai diperkenalkan pada Juni 2012.

Kementerian Perdagangan Domestik, Koperasi, dan Konsumerisme Malaysia merilis kartu yang akan membantu mahasiswa di tengah kenaikan harga kebutuhan. Menteri Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob menyatakan, detail dari skema diskon sedang dikerjakan beberapa perusahaan.

“Kami memiliki tujuh perusahaan yang tertarik untuk bermitra dalam urusan buku, pakaian olahraga, dan transportasi. Tapi kami harus melihat rinciannya seperti berapa banyak potongan harga yang diberikan dan untuk barang atau jasa jenis apa,” jelas Yaakob seperti dikutip dari The Star, Selasa (20/3/2012).

Yaakob menyebutkan, pihaknya pun menggandeng lembaga lain yang terkait dengan kebijakan baru tersebut. “Kami telah bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan Tinggi dan Bank Rakyat dan akan meluncurkan kartu diskon setelah menyelesaikan masalah dengan sepuluh perusahaan. Kartu ini akan diberikan secara gratis kepada mahasiswa,” ujarnya.

Sebelumnya, menteri mengumumkan skema kartu diskon setelah meresmikan konferensi mahasiswa di Universiti Kebangsaan Malaysia, yang dihadiri 400 mahasiswa dari 122 lembaga pendidikan di negara tersebut.

Ketua Persatuan Mahasiswa Universiti Malaya Mohd Syahid Mohd Zaini menyambut baik rencana ini. “Kebanyakan mahasiswa tidak memiliki sumber pendapatan dan banyak yang harus berjuang agar bisa bertahan hidup jika belajar di kota,” jelasnya.

Mahasiswa tahun terakhir yang menempuh Studi Islam ini menyatakan, biaya hidup mahasiswa di daerah tertentu bisa mencapai 1.000 ringgit atau setara dengan Rp3 juta (Rp3.006 per ringgit Malaysia) per bulan. Ini merupakan biaya sewa kamar, makanan, dan transportasi.

“Sejumlah mahasiswa memiliki alat transportasi sendiri sehingga mereka bisa membeli bahan bakar dengan harga diskon,” jelas mahasiswa berusia 23 tahun ini.(mrg)
(rhs)

*)Okezone, 20 Maret 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan