-->

Resensi Toggle

Kabar Resensi Pekan Keempat Maret 2012

Berikut ini adalah KABAR BUKU Edisi Khusus RESENSI yang disiarkan RADIO BUKU bekerjasama dengan portal berita www.indonesiabuku.com. Kabar sepekan resensi buku di sejumlah media massa cetak di Indonesia. Kabar ini disusun Aya Hidayah dan dibacakan Ratih Fernandez

Gayatri Rajapatni: Perempuan dibalik Kejayaan Majapahit

Karya Earl Drake

Resensi ditulis Soelistijono

Dimuat MEDIA INDONESIA, 25 Maret 2012

Dalam buku ini Drake tak hanya ‘menemukan ’ sosok perempuan terbesar dalam sejarah Nusantara yang nyaris tak lagi dikenal karena namanya tenggelam diantara para pelaku sejarah laki-laki pada zamannya. Disini Darke juga berhasil menghadirkan periode terbesar dalam sejarah masa silam kepulauan ini lengkap dengan segala intrik dan percaturan politiknya dengan gaya bertutur dan bahasa yang segar dan hidup.

Back to Work

Karya Bill Clinton

Resensi ditulis Yudo Anggoro

Dimuat KOMPAS, 25 Maret 2012

Krisis perekonomian yang terus mendera  Amerika Serikat (AS) saat ini membuat Bill Clinton tergerak urun rembuk untuk memberikan solusi dalam mencapai kembali apa yang dinamakan sebagai impian Amerika. Impian bahwa semua orang memiliki kesempatan yang sama besar menggapai cita-cita tanpa mempertimbangkan latar belakang etnis dan kelas sosial di Masyarakat. Dengan harapan yang masih ada, Clinton berusaha mengajak berbagai pihak untuk melupakan sejenak pertikaian dan hiruk-pikuk politik yang sering terjadi serta mengajak bersama-sama membangun mimpi Amerika. Namun, ini mustahil diraih jika mengedepankan strategi antipemerintah. Pemerintah justru merupakan aktor paling penting yang mesti dilibatkan dalam setiap kebijakan yang dibuat.

Gayatri Rajapatni: Perempuan dibalik Kejayaan Majapahit

Karya Earl Drake

Resensi ditulis Wildani Hefni

Dimuat KORAN TEMPO, 25 Maret 2012

Imperium Majapahit memiliki sejarah yang membanggakan. Majapahit adalah sebuah kerajaan kuno di Indonesia yang berdiri dari sekitar tahun 1293 hingga 1500 Masehi. Setelah sekian lama berkutat dengan beragam fakta data arkeologis, sosiologis, dan antropologis, meliputi dokumen, puisi-puisi epik, dan tembang-tembang balada, hingga kajian-kajian modern, Earl Drake secara mengejutkan menemukan sosok perempuan terbesar dalam sejarah Nusantara yang nyaris tak lagi kita kenal karena namanya tenggelam diantara para pelaku sejarah laki-laki pada zamannya. Perempuan itu adalah Gayatri Rajapatni. Rupanya, Gayatri Rajapatni adalah sosok sentral pemberi ilham, yang dengan cara tradisional Jawa diam-diam memberikan wewenang kerajaan bagi kebijakan-kebijakan Gajah Mada.

Seni Rupa Indonesia dalam Kritik dan Esai

Karya Soedjojono, dkk

Resensi ditulis Imam Muhtarom

Dimuat JAWA POS, 25 Maret 2012

Sejarah seni rupa Indonesia belum begitu lama. Secara intensif kurang lebih 80 tahun berjalan, dikurangi jeda kosong masa Raden Saleh yang meninggal 1880. Meski demikian, tetap penting artinya untuk kembali menilik apa-apa yang telah terjadi. Terlebih dalam perkembangan terkini, banyak keraguan mengenai arah dalam era seni rupa Indonesia kontenporer. Dalam situasi tersebut, penting diperhatikan kemunculan buku Seni Rupa Indonesia dalam Kritik dan Esai. Buku itu hendak mengingatkan serangkaian sejarah yang menjadi latar belakang seni rupa Indonesia. sebelum mencapai titik seperti sekarang, sejarah seni rupa pernah begitu mengenaskan.

Ngawur karena Benar

Karya Sujiwo Tejo

Resensi ditulis Noval Maliki

Dimuat JAWA POS, 25 Maret 2012

Menghibur sekaligus mencerahkan. Jenaka tanpa harus melupakan persoalan bangsa. Begitu kuat kecintaan dan kerinduannya terhadap sejarah masa lalu serta budaya yang diwariskannya. Itu sebesar kecintaannya terhadap negara sehingga dia mau menghabiskan energinya untuk membedah beragam peristiwa teraktual dengan sudut pandang yang beraneka. Itu kesan yang tertangkap dari buku Sujiwo Tejo yang berjudul Ngawur karena Benaryang berisi kumpulan tulisannya diberbagai media massa nasional, seperti Jawa Pos.

Fikih Wanita

Karya Ustz Herlini Amran MA

Resensi ditulis Sam Edy Yuswanto

Dimuat KEDAULATAN RAKYAT, 25 Maret 2012

Buku ini berisi kumpulan tanya jawab “Fikih Wanita” yang pernah dimuat di majalah Ummi. Terdiri dari beragam pertanyaan keseharian yang bisa jadi pernah atau bahkan sedang dialami oleh para wanita yang ada di sekitar kita. Pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh wanita-wanita bermasalah dalam buku ini sepintas pertanyaan mudah, ringan, sepele, tapi ternyata tidak mudah untuk menjawab serta memberikan solusi terbaiknya.

Garam, Aduan Sapi dan Kekerasan : Esai-Esai tentang Madura dan Kebudayaan Madura

Karya Hubb De Jonge

Resensi ditulis Juma Darmapoetra

Dimuat KEDAULATAN RAKYAT, 25 Maret 2012

Citra keras Madura telah melekat begitu kuat dalam lingkungan sosial masyarakat Indonesia. Madura dicitrakan berwatak keras, cepat panas, urukan, penuh semangat dan terkesan tidak beretika. Citra negatif dan streotipe yang melekat inilah yang terus berkembang hingga sekarang. Tidak jarang suku lain merasa takut berhubungan dengan manusia Madura secara luas. Buku ini membuka cakrawala berpikir masyarakat Indonesia untuk melihat manusia Madura secara luas. Deskriminasi kebudayaan lewat penciptaan streotipe hanya akan menimbulkan ketimpangan sosio kultural; etnis satu lebih tinggi dari etnis lainnya.

Berislam Secara Toleran

Karya Irwan Masduqi

Resensi ditulis Andi Andrianto

Dimuat KEDAULATAN RAKYAT, 25 Maret 2012

Sebagai sebuah disiplin ilmu, konsep toleransi patut mendapat kritik –reflektif sekaligus menawarkan solusi yang solutif. Itu didasarkan pada kenyataan bahwa wacana toleransi yang acap digembar-gemborkan di negeri ini belum mampu menyentuh aspek hakiki kehidupan kelompok agama. Hal menarik dikupas dalam buku ini, yakni mengenai toleransi, pengetahuan toleransi yang tak jamak diketahui masyarakat umum. Spirit toleransi yang deskruktif seperti yang terjadi dewasa kini. Namun ajaran toleransi yang dapat membangun kerukunan agama antara satu dengan kelompok agama yang lain.

Mukzizat Shalat & Doa

Dimuat REPUBLIKA, 25 Maret 2012

Karya M Agus Syafii

Resnsi ditulis  Prima Restri Ludfiani

Agus Syafii dalam bukunya ini berusaha berbagi kepada sesama umat manusia tentang kisah pengalaman berat dan sedih yang dialami di kehidupan nyata. Tidak secara eksplisit membicarakan teknik berdoa, buku ini bercerita tentang perjalanan perenungan manusia dalam menemukan kembali jalannya kepada Allah. Naskah dalam buku ini, bermula dari curhatan di sebuah komunitas page facebook dengan alamat Mukzizat Shalat dan Doa yang menjadi salah satu The Best Ten page facebook Indonesia. buku ini berisi kumpulan kisah nyata dan inspiratif yang pernah dimuat di halaman facebook.

Hidden Heroes

Karya Arief Koes | Tim Kick Andy

Resensi ditulis Sunaryo

Dimuat SUARA MERDEKA, 25 Maret 2912

Kecacatan fisik tidak lantas membuat seseorang meratapi hidup dan melemahkan semangat untuk berkarya. Kecacatan justru bisa melecut seseorang untuk berbuat lebih baik dan memaksimalkan potensi yang dimiliki.  Buku ini sangat relevan digunakan sebagai cermin di era kini. Utamanya ditengah hilangnya nilai-nilai empati, saling mengasihi, peduli pada sesama, dan semangat untuk membantu. Kiranya buku ini mampu menggugah semangat kita untuk saling berbagi, saling menolong, dan saling mencintai antar sesama manusia.

Jokowi, Pemimpin Rakyat Berjiwa Rocker

Karya Yon Thayrun

Resensi ditulis Toa

Dimuat TRIBUN JOGJA, 25 Maret 2012

Sosok Jokowi memang menjadi sorotan saat ini. Wali kota fenomenal ini sering menarik perhatian khalayak dengan aksinya yang “nyleneh”. Sebagai seorang walikota Solo, ia menarik perhatian publik dengan berbagai kebijakan yang membela kepentingan rakyat. Dalam buku ini, Yon Thayrun menuturkan keseharian Jokowi yang sederhana. Mulai dari kehidupan masa kecil Jokowi, sampai bagaimana akhirnya Jokowi “kecelakaan” dan masuk dunia politik.

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan