-->

Kronik Toggle

Diancam Mati, Penulis Novel Ayat-Ayat Setan Tetap ke India

NEW DELHI – Penulis kontroversi asal Inggris Salman Rushdie akan hadir dalam pertemuan di India pada Jumat mendatang. Dua bulan yang lalu, penulis novel Ayat-Ayat Setan ini juga sudah mendapatkan ancaman mati bila dirinya menapakkan diri di Negeri Bollywood.

Novel Ayat-Ayat Setan masih merupakan suatu hal yang dilarang di India karena dianggap menghina umat Muslim. Namun, Rushdie berniat untuk tetap hadir di India pada Jumat mendatang di sore hari.

Pada Januari lalu, Rushdie tidak hadir dalam Festival Literatur di Jaipur, India. Hal itu disebabkan karena maraknya ancaman kematian yang ditujukan kepadanya. Banyak para warga Mumbai yang berniat untuk membunuh Rushdie. Demikian seperti diberitakan AFP, Selasa (13/3/2012).

Pria berusia 64 tahun itu lahir di Kota Mumbai, India. Dirinya pun melarikan diri dari Iran karena mendiang Ayatulllah Khomeini mengeluarkan fatwa pada 1989 silam yang menghalalkan darah Rushdie.

Menurut laporan, Rushdie akan berbicara dalam pertemuan di India pada Jumat mendatang untuk membahas Ayat Kebebasan.

“Saya akan tetap datang ke India, saya akan tetap melakukan kunjungan saya dan saya tidak akan membiarkan seluruh kelompok militan menghalangi saya untuk hadir di India,” ujar Rushdie.

Kelompok Islam di wilayah Jaipur tidak melontarkan komentar terhadap rencana kedatangan Rushdie di negaranya pada Jumat mendatang. Meski demikian, mereka sempat mendesak agar Pemerintah India melarang kedatangan Rushdie.

Sumber: Portal Berita okezone.com, 13 Maret 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan