-->

Kronik Toggle

Gus Ipul : Lan Fang Menginspirasi untuk Berbuat Lebih Banyak

Festival Lan Fang diharapkan bisa menumbuhkan kebiasaan untuk berkarya dengan tulisan-tulisan. Melalui rangkaian acara Festival Lan Fang, diharapkan pula kebiasaan Lan Fang menolong orang turut ditularkan kepada masyarakat.

Saifullah Yusuf Wakil Gubernur Jawa Timur memang baru beberapa kali bertemu fisik dengan Lan Fang sastrawan asal Surabaya. Meski demikian, Gus Ipul begitu biasa ia disapa mampu menggambarkan sosok Lan Fang dengan sangat baik. “Lan Fang adalah contoh manusia yang sungguh-sungguh dalam dunianya, totalitas. Tidak hanya menulis karya sastra, tapi juga terjun, turun langsung membangun kebersamaan,” kata Gus Ipul usai menghadiri Parade Tokoh Bacakan karya Lan Fang di Suara Surabaya Media, Selasa (3/1/2012).

Lan Fang, lanjut Gus Ipul, bersama teman-temannya menggagas untuk berbuat konkrit kepada sesama. Namun, almarhumah juga bersedia menggalang dana bagi yang sakit meski ia sendiri juga tengah mengidap kanker. Ibu 3 anak itu tidak disibukkan dengan mengurus dirinya sendiri, tapi peduli dengan orang lain.

“Itu yang membuatnya hidup dalam arti sebenarnya. Menembus batas agama, ras yang selama ini menjadi dinding. Lan Fang inspirasi untuk semua,” tukas pria yang didapuk menjadi Dewan Pelindung Panitia Festival Lan Fang.

Lewat Festival Lan Fang, Gus Ipul berharap kiprah dan sosok Lan Fang bisa menginspirasi masyarakat untuk berbuat lebih banyaj lagi. Menumbuhkan kebiasan untuk berkarya dengan tulisan sebagai media penyampai pesan. Serta terinspirasi dengan kebiasaan Lan Fang yang menembus batas priomordial dan agama untuk menolong sesama.

Mulai Januari 2012 ini, sejumlah rangkaian kegiatan yang dipersembahkan untuk Lan Fang akan digelar. Mulai talkshow, pembacaan puisi Lan Fang, musikalisasi, bedah novel Lan Fang, diskusi cerpen, seminar perempuan dan kebangsaaan serta tadarus puisi di Pesantren Tebu Ireng. Puncak acara akan digelar 11 Maret 2012 atau 6 hari setelah peringatan kelahiram Lan Fang ke-42 tahun dengan mengadakan pameran lukisan, seni rupa, foto, penjualan buku yang ditulis Lan Fang, pembacaan puisi, launching buku dari sahabat Lan Fang, penyuluhan dan konsultasi gratis kanker payudara dan serviks, donasi dan pemutaran dokumentasi video Lan Fang.(git)

*)Suarasurabaya.net 3 januari 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan