-->

Kronik Toggle

Guruh dan Just Alvin Bedah Jogja Itoe Boekoe

Yogyakarta – Lebih dari 40 penerbit nasional meramaikan “Pesta Buku Jogja 2012”. Acara ini diselenggarakan Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Daerah Istimewa Yogyakarta pada 1-7 Februari 2012 bertempat di Gedung Mandala Bhakti Wanitatama.

Pameran itu diramaikan dengan bedah buku oleh Alvin Adam (Just Alvin) dan Moammar Emka (Jakarta Undercover), Alisa Wahid (putri Gus Dur), Guruh Soekarnoputra, Sukmawati Soekarnoputri, Setiawan Tiada Tara (Plat AB), dan Kuntisimilikiti.

“Pameran ini mendukung deklarasi Yogyakarta sebagai Kota Perbukuan Nasional. Temanya, Jogja Itoe Boekoe, dengan jargon Di Jogja Menunggu itu Membaca,” kata Ketua Panitia, Apridhian Purwantoro, Selasa 31 Januari 2012. Tema itu diambil sebagai satu upaya untuk menumbuhkan budaya membaca di masyarakat.

Selain itu, “Pesta Buku Jogja 2012” melibatkan para pekerja seni dari berbagai seni budaya daerah Nusantara seperti Teater Terjal, pantomim, permainan sulap, Cosplay, serta musik angklung Malioboro Calung Funk.

“Juga dilengkapi dengan hiburan lewat audio-visual mengenai animasi dan screening yang didukung studio animasi Urek-urek dan Kasatmata, serta screening Toni Blank Show,” kata dia.

Kegiatan itu juga dimeriahkan dengan 10 lomba, di antaranya dance competition, lomba stand up comedy, lomba fotografi, fashion batik matic photogenic show, lomba menggambar, mewarnai, membaca puisi, penyiar cilik, dan lomba menyanyi.

M Fikri, Ketua Ikapi DIY, mengatakan kampanye membaca buku akan terus dilakukan. “Menunggu itu adalah membaca buku. Memasyarakatkan membaca buku itu salah satu misi kami,” kata dia.

MUH SYAIFULLAH

*)Tempo.co, 31 Januari 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan