-->

Kronik Toggle

Elton John Siapkan Buku tentang AIDS

Jakarta – Penyanyi pop asal Inggris, Elton John, berencana meluncurkan buku tentang kampanye melawan AIDS. Seperti diberitakan kantor berita Reuters, dalam buku itu John akan bercerita tentang epidemi AIDS berdasarkan pengalaman hidupnya. “Salah satunya tentang pertemanan John dengan penyanyi Freddie Mercury yang meninggal karena AIDS di usia 45 tahun pada 1991 lalu,” tulis Reuters.

Menurut penerbit Hodder & Stoughton, John memilih menulis cerita pribadinya tentang AIDS karena dia ingin orang memahami apa yang dialami pasien AIDS selama sakit. Selain Freddy, John akan memasukkan kisah Ryan White, bocah laki-laki yang meninggal karena AIDS, dalam bukunya. Pada saat White meninggal, John berdiri di sampingnya. Kala itu usia White masih 18 tahun.

Sekitar 20 tahun lalu, John juga mendirikan Elton John AIDS Foundation yang bergerak mengumpulkan dana untuk memerangi penyakit tersebut. Melalui yayasan itu, John menggalang dana dengan tema “LOVE IS THE CURE: Ending the Global AIDS Epidemic”.

John berpendapat AIDS bukanlah penyakit yang hanya dapat disembuhkan oleh vaksin. “Pasien AIDS bisa bertahan hidup dengan perubahan hati dan pikiran orang sekitarnya, sehingga mereka bisa mendapat kasih sayang,” kata John.

Ide penerbitan buku ini muncul seiring dengan naiknya jumlah pasien AIDS sebesar 17 persen selama kurun waktu 2001-2010. Pada 2001, jumlah orang yang terinfeksi virus ini sekitar 28,6 juta. Sedangkan, pada 2010, jumlahnya mencapai 34 juta orang. “Dengan buku ini, saya berharap pandangan orang terhadap pasien AIDS berubah jadi lebih baik,” ujarnya.

REUTERS | CORNILA DESYANA

*) Tempo.co, 10 Januari 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan