-->

Ruang Toggle

Blogger Buku Indonesia

Nama “Blogger Buku Indonesia” (BBI) mungkin belum terlalu bergema di Indonesia. Komunitas di dunia yang didirikan pada 13 April 2011 ini memang tergolong masih sangat baru. Komunitas seperti apakah ini dan apa saja yang dilakukan oleh komunitas ini?

BBI adalah sebuah komunitas di dunia maya yang beranggotakan blogger-blogger Indonesia yang suka membaca dan mereview buku yang sudah mereka baca. Komunitas ini awalnya terbentuk dari para blogger yang senang menulis dan membaca. Mereka itu adalah orang-orang yang menyadari bahwa di tengah era teknologi yang semakin berkembang saat ini, blog telah menjadi media yang efektif untuk menyebarkan informasi. Sehingga, mereka menjadikan blog sebagai sarana untuk menuangkan pikiran mereka, khususnya tentang buku yang baru mereka baca. Pendapat tentang suatu buku, suka atau tidaknya mereka terhadap satu judul buku, ulasan mereka tentang buku, dll, semuanya disampaikan melalui blog mereka.  Melalui blog, seluruh pecinta buku yang tersebar di seluruh Indonesia bisa berpartisipasi dan berbagi hal yang mereka sukai.

Masih rendahnya minat baca orang Indonesia merupakan krpihatinan bersama yang menjadi salah satu latar belakang terbentuknya komunitas ini. Karenanya, blogger di komunitas ini memiliki komitmen untuk menyebarkan asyiknya membaca buku kepada masyarakat Indonesia melalui media blog. Bagi mereka, dengan membuat review dari sebuah buku, itu berarti telah ikut menyebarkan ilmu pengetahuan yang terdapat dalam buku itu sekaligus memancing minat baca masyarakat kita. Sebab, orang lain yang belum mengetahui informasi tentang sebuah buku dapat mengetahui informasi tersebut secara cepat melalui review yang ditulis oleh anggota BBI, yang disebut dengan blogger buku. Sehingga, perlahan namun pasti, mereka berupaya menarik orang lain untuk membaca sekaligus menumbuhkan minat baca mereka.

Tulisan yang ditampilkan oleh para blogger ini tak hanya berupa resensi buku saja, tetapi juga informasi-informasi lainnya, seperti informasi mengenai pengarang, latar belakang dari buku yang mereka baca, dll. Tak hanya itu, komunitas ini juga kerap kali mengadakan kontes-kontes menarik, dengan buku sebagai hadiahnya.

Untuk keanggotaan, semua orang Indonesia yang memiliki blog dan memiliki kecintaan terhadap buku dan dunia tulis menulis dapat mengikuti komunitas ini. Untuk informasi seputar keanggotaannya, Anda dapat mengunjungi fan page Komunitas BBI di Facebook. [Tika/Mizan.com]

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan