-->

Kronik Toggle

Bantah Jiplak Tulisan Jusman Dalle, Marwan Jafar Salahkan Stafnya

Makassar Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPR RI, Marwan Jafar berkunjung ke Makassar untuk menemui Jusman Dalle, mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Indonesia (UMI), penulis yang karyanya dijiplak Marwan dalam artikelnya yang berjudul ‘Pengelolaan Energi Libya Pasca Qadhafi’, yang pernah dimuat di Koran Tempo, pada Jumat 13 Januari 2012 lalu.

Pertemuan kubu Marwan dan Jusman digelar di Rumah Makan Wong Solo, Jalan Sultan Alaudin, Selasa (17/1/2012). Jusman yang ditemui detikcom menyebutkan dalam opini Marwan di Koran Tempo, sebanyak 80 persen isi tulisan dicomot dari artikel Jusman yang berjudul ‘Perang Ideotik Libya’ yang pernah dimuat di detikcom, 13 Maret 2011 silam, dan tulisan Jusman lainnya yang berjudul ‘Quo Vadis Libya’, yang pernah dimuat situs Okezone.

Marwan sendiri pada wartawan, membantah dirinya disebut plagiator, meskipun dalam artikel Koran Tempo tertulis nama dan jabatannya sebagai ketua Fraksi PKB di DPR RI. Marwan menuduh opini yang dimuat di Koran Tempo dibuat oleh stafnya yang bernama Sugiyono. “Tanpa sepengetahuan saya, Sugiyono memakai nama saya untuk mengirim artikel ke Koran Tempo, saat ini dia sudah dikandangkan,” ujar Marwan.

Marwan sendiri memilih datang ke Makassar untuk menemui Jusman, sebagai bentuk klarifikasi atas kasus pencaplokan karya ilmiah mahasiswa UMI yang juga pengurus KAMMI Sulsel ini. Ia meminta kasus ini tidak berkembang menjadi polemik yang berkepanjangan dan tidak dipolitisasi kelompok-kelompok tertentu.

Dengan upaya klarifikasi yang dilakukan Marwan, pihak Jusman menganggap persoalan pencaplokan karyanya sudah selesai dan menganggap sikap Marwan untuk datang meminta maaf pada dirinya sebagai sikap yang patut dicontoh oleh pihak-pihak yang terlibat kasus plagiat.

(mna/anw)

*)detiknews, 17 Januari 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan