-->

Lainnya Toggle

Tak Terima Dituduh Plagiat, Jolie Gugat Jurnalis Ini

LOS ANGELES – Angelina Jolie dituduh telah melakukan aksi plagiat. Kini, dia mengklaim tidak mencontek cerita siapapun saat menjadi produser sekaligus sutradara di film barunya, In the Land of Blood and Honey.

Peraih Oscar itu memulai debutnya sebagai sutradara di film yang bercerita tentang percintaan dua manusia di perang Bosnia. Namun, seorang jurnalis Kroasia bernama James Braddock menggugatnya.

James mengklaim film baru Jolie tersebut merupakan jiplakan dari bukunya berjudul The Subject Work, yang dicetak pada 2007 lalu.

Dituduh menjiplak, Jolie pun tidak terima. Dia akhirnya menggugat balik James. Dia mengatakan kepada Los Angeles Time, “Itu hanya ujian. Banyak film yang juga mengalami kasus seperti ini.”

“Ada banyak referensi buku ataupun dokumen lain saat aku menulis naskah ini. Cerita di In the Land of Blood and Honey adalah kumpulan dari beberapa cerita. Tetapi dari sejumlah sumber yang menginspirasi saya, tidak ada satupun buku yang berjudul The Subject Work,” jelas Jolie lansir Femalefirst, Kamis (8/12/2011).

Dalam gugatan yang diajukan di pengadilan federal di Illinois, Braddock mengklaim dia bertemu beberapa kali dengan produser Edin Sarkic -yang sekarang bekerja di film Jolie- sepanjang 2008 lalu. Itu dilakukan untuk mendiskusikan kemungkinan tulisannya diadaptasi ke layar lebar.

Baddock juga memaparkan setiap detail dari bukunya memiliki kemiripan dengan cerita di film tersebut, baik plot, sejarah maupun karakter-karakternya. Adapun film tersebut menceritakan tentang kisah cinta antara seorang tahanan perempuan, dan seorang prajurit Serbia.

“Seorang hakim akan menentukan apakah film tersebut memiliki kesamaan untuk membuktikan pelanggaran hak cipta,” ujar Baddock optimis

Braddock kini sedang menunggu perintah untuk memblokir rilis film itu, yang dijadwalkan akan launching pada 23 Desember mendatang.(nsa)

*)okezone 8 desember 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan