-->

Lainnya Toggle

Pencipta Karakter Captain America Meninggal

Los Angeles – Joe Simon, pencipta karakter Captain America, meninggal dunia  di usia 98 tahun. Perintis industri buku komik pada tahun 1941 silam ini mengembuskan napas terakhirnya, Rabu malam, 15 Desember 2011.

Menurut pihak keluarga, selama hidup Simon jarang sakit. Namun di akhir hidupnya ia sempat menjalani perawatan. “Dia memang sakit, tapi hanya singkat saja,” tulis LA Times.

Simon meninggal dunia beberapa bulan setelah peluncuran film Captain America: The First Avenger, yang juga perayaan usia Captain America ke-70 tahun. Film ini sendiri meraup keuntungan US$ 369 juta (Rp 3,3 triliun) di seluruh dunia.

Sekitar Maret 1941, Simon bersama Jack Kirby menciptakan Captain America. Keduanya juga bekerja sama mendatangi penerbit buku-buku komik untuk memperkenalkan tokoh pahlawan Amerika itu.

Warga Amerika mulai mengenal karakter superhero saat kemunculan Superman di 1938. Tokoh berjubah merah itu diciptakan Jerry Siegel dan Joe Shuster. Namun, menurut Mark Evanier, penulis buku biografi Kirby, King of Comics, karakter pahlawan Amerika yang diciptakan Simon dan Kirby berbeda.

“Joe Simon dan Jack Kirby adalah pencipta superstar pertama dari komik. Kalau Jerry Siegel dan Joe Shuster dipuji karena Superman, Simon dan Kirby dipuji karena memiliki banyak ide besar,” kata Evanier.

LA TIMES | CORNILA DESYANA

*)tempo.co 16 Desember 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan