-->

Kronik Toggle

Martha Luncurkan Buku 'Pioneers in Green Science'

DEPOK: Pakar herbal Indonesia Martha Tilaar hari ini meluncurkan buku berjudul “Pioneers in Green Science” di Kampus Universitas Indonesia Depok.

“Green Science” dalam Iptek menerapkan prinsip efektivitas dan efisiensi dalam memanfaatkan sumber daya alam serta memperhatikan pemanfaatan  secara berkelanjutan dengan menerapkan clean technology atau environmentally friendly technology.

Dalam peluncuran buku yang dihadiri Rektor UI Gumilar Rusliwa Soemantri dan kalangan akademisi UI, Martha Tilaar menyatakan di Indonesia terdapat sedikitnya 30.000 spesies. Sampai saat ini yang baru diteliti mencapai 625 spesies.

Dari jumlah tersebut, spesies ini bisa menyusut akibat banyaknya masyarakat Indonesia yang hanya memanfaatkan tanaman herbal, tetapi tidak menanamnya kembali.

“Kondisi ini tidak boleh dibiarkan. Kalau semuanya punah, nanti kita mencarinya ke mana?” kata Martha.

Martha yang menulis buku karena kecintaannya terhadap tanaman herbal menyarankan agar tanaman herbal tersebut tidak punah, maka masyarakat Indonesia harus membudayakan cinta lingkungan. Di antaranya dengan melakukan penanaman pohon kembali dan hemat energi.

Selain itu, ilmu pengetahuan juga dapat dimanfaatkan dalam berbagai sektor industri untuk menciptakan industri yang ramah lingkungan.(tw)

*)bisnis.com, 21 Desember 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan