-->

Kronik Toggle

Keren…Kapal Perpustakaan Keliling Wakatobi Mulai Layani Warga Pesisir

KENDARI – Perpustakaan Daerah Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), mulai mengoperasikan kapal Perpustakaan Keliling, melayani masyarakat pesisir Pulau Wangi-wangi. “Tahun ini kapal Perpustakaan keliling baru melayani masyarakat pesisir Pulau Wangi-wangi. Mulai tahun 2012, akan melebarkan wilayah pelayanan hingga ke Pulau Kaledupa, Tomia dan Binongko,” kata Kepala Perpustakaan Daerah Wakatobi, La Mego melalui telepon dari Wakatobi, Rabu (7/11).

Menurut dia, kapal Perpustakaan Keliling yang dioperasikan pengelola Perpustakaan Daerah Wakatobi tersebut merupakan bantuan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra tahun 2011. Di dalam kapal Perpustakaan Keliling tersebut kata dia terdapat 2.000 koleksi buku yang terdiri dari 1.000 judul.

“Buku-buku yang ada di dalam perpustakaan keliling ini berupa buku pengetahuan umum dan keterampilan, terutama keterampilan mengelola sumber daya perikanan wilayah pesisir seperti budidaya rumput laut dan menjaga kelestarian terumbu karang,” katanya.

Menurut dia, pengguna terbesar jasa perpustakaan keliling yang dioperasikan tersebut adalah masyarakat Suku Bajo, yang keseharian mereka lebih banyak beraktivitas di laut. “Pengunjung perpustakaan keliling ini umumnya anak usia sekolah dasar, remaja hingga usia dewasa,” katanya.

Ia mengatakan, setiap hari perpustakaan keliling tersebut melayani pembaca 50 hingga 75 orang, kadang-kadang mencapai 100 orang lebih. “Buku yang banyak dicari pembaca adalah buku-buku keterampilan, baik keterampilan membuat kerajinan maupun keterampilan membudidayakan rumput laut atau ikan air asin,” katanya.

Menurut dia, tahun 2011 ini Perpustakaan Daerah Kabupaten Wakatobi juga mendapat bantuan buku dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra sebanyak 3.700 buku. “Buku-buku itu kami tempatkan di Perpustakaan Daerah, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pembaca yang banyak beraktivitas di darat,” katanya.

*)republika 7 desember 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan