-->

Lainnya Toggle

Italia Giatkan Minat baca dengan Anggur

ROMA – Demi merangsang tumbuhnya minat baca di Italia, sebuah toko buku terkemuka di Italia dan para pembuat anggur membuat program menggalakkan gerakan membaca dengan cara yang cukup unik. Program ini sudah berlangsung selama enam tahun.

Toko buku Feltrinelli dan perusahaan anggur Santa Margherita mengadakan sebuah kontes cerita pendek dengan mengambil tema anggur untuk para penulis amatir. Uniknya, bagi tiga orang pemenang utama, karya tulis mereka akan dipublikasikan dibelakang botol anggur.
“Kami bertanya pada diri kami sendiri, mengapa kami tidak mencoba menggabungkan seni pembuatan anggur dengan seni sastra. Untuk itulah kontes ini lahir,” ujar Kepala Eksekutif Santa Margherita, Ettore Nicoletto pada pengumuman pemenang kontes seperti dikutip Reuters, Rabu (14/12/2011)
Tahun ini pemenang akan melihat cerita pendek mereka diterbitkan dalam bentuk sebuah buku kecil yang menempel pada sekira 700ribu botol anggur Santa Margherita. Anggur-anggur itu diketahui selalu laris dalam penjualan.
Berdasarkan survei yang dilakukan oleh lembaga statistik Australia, ISTAT pada tahun 2010 hanya dibawah 47 persen dari orang Italia yang membaca setidaknya satu buku. Buku yang mereka baca umumnya tidak berhubungan dengan pekerjaan atau pelajaran mereka dalam waktu satu tahun.
Meskipun statistiknya meningkat hingga 45 persen di 2009, tetap saja hampir setengah dari warga Italia tidak membaca satu buku tiap tahunnya. Satu dari 10 keluarga di Italia bahkan diketahui tidak memiliki buku di rumahnya.
(faj)
*)okezone 14 desember 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan