-->

Lainnya Toggle

Catatan Buku 2011: Dunia Blogger Buku

Oleh: Hernadi Tanzil

TanzilBlogger Buku Indonesia (BBI) sebenarnya masih relatif baru. Tak ada kepastian tanggal berapa terbentuknya komunitas BBI. Semua terjadi begitu saja lewat obrolan saya dengan Okta Wiguna (jurnalis) di twitter. Saat itu mas Okta minta data mengenai alamat-alamat blog buku yang saya ketahui. Dari situ terbesit sebuah keinginan untuk melakukan pendataan seluruh blog buku yang ada di Indonesia.

Akhirnya perlahan-lahan saya mendatanya, mulai dari blog buku teman-teman saya sendiri, hingga akhirnya pada tanggal 13 April 2011. Saya mengupload daftar blog Buku Indonesia di group Goodreads Indonesia sebanyak 37 blog buku. Setelah dipublish di Goodreads dan di notes FB, ternyata saya mendapat banyak masukan alamat blog buku dari teman-teman.

Daftar itu terus bertambah hingga kini, ketika tulisan ini dibuat sudah terdata sebanyak 117 blog buku. Aturannya cukup sederhana. Pertama, blog yang masuk daftar harus berisikan segala sesuatu tentang buku, dan kedua, blog tersebut minimal diupdate 3 bulan sebelum didaftarkan.

Pertanyaan yang sering diajukan adalah seperti apa itu blog buku? Secara sederhana blog buku bisa didefinisikan sebagai blog yang khusus memuat tentang buku. Hal tersebut bisa berupa resensi buku, berita buku, curhat buku, cover buku, buku yang tersedia untuk ditukar, dan sebagainya yang berhubungan dengan buku. Selanjutnya, teman-teman yang mengelola blog tersebut dinamakan dengan blogger buku.

Tak lama setelah daftar blog buku Indonesia dipublish di groups Goodreads Indonesia dan sosial media ternyata daftar ini menarik perhatian para blogger buku sehingga beberapa blogger buku sepakat untuk membentuk komunitas khusus para blogger buku yang dinamai komunitas Blog Buku Indonesia di group Facebook dengan nama Blogger Buku Indonesia pada 21 April 2011. Selain itu untuk menjangkau lebih banyak lagi blogger buku untuk terlibat dan menginfromasikan kegiatan dan update terbaru dari para blogger buku maka pada tanggal 27 September 2011 dibuatlah akun twitter BBI dengan nama @BBI_2011.

Dengan terbentuknya komunitas BBI maka dirangkai berbagai kegiatan antar para anggotanya, antara lain dengan program posting bersama secara serentak di tanggal tertentu setiap bulannya. Posting bersama dimulai untuk pertama kalinya pada tanggal 31 Mei 2011 dengan memposting secara serentak review dari novel klasik Wuthering Heights karya Emily Bronte. Hingga saat ini BBI-ers (sebutan untuk para member BBI) sudah melakukan 7 kali posting bersama, tak hanya membaca dan mereview judul tertentu saja, melainkan juga membaca dan mereview berdasarkan genre, penerbit, dll yang ditentukan berdasarkan pooling yang dilakukan di Group BBI di FB. Setiap acara ini digelar, setidaknya melibatkan 5 -10 blogger buku yang masing-masing mereview menurut gaya dan pandangannya masing-masing.

Dengan adanya komunitas BBI ini maka para blogger buku seperti mendapat kawan, tempat curhat, dan semangat baru dalam membaca dan nge-blog. Bila selama ini perbincangan antar para blogger terbatas di kotak komentar masing-masing blog bukunya, maka kini perbincangan soal buku berpindah ke group FB maupun twitter. Dampak positifnya adalah para blogger buku tampak semakin giat dalam memutakhirkan blog buku mereka, tentu saja itu berdampak pada jumlah buku yang dibaca semakin meningkat.

Selain itu dengan terbentuknya komunitas ini, hubungan antar member BBI dengan penerbit menjadi semakin erat, para blogger buku yang selalu haus untuk memperoleh buku-buku baru untuk dibaca dan direviewnya bersinergi dengan keinginan para penerbit untuk mempromosikan buku-buku terbaru mereka, sehingga tidak jarang penerbit memberikan kemudahan bagi para BBI-ers untuk memperoleh buku-buku terbaru baik dengan cara mengirimkannya kepada masing-masing BBI-ers maupun dengan memberikan discount khusus.

Selain itu BBI juga ikut ambil bagian dalam memeriahkan Indonesian Reader Festival 2011 (IRF 2011) pada tanggal 4 Desember yang lalu dengan membuka stand BBI dan menyediakan jasa panyampulan buku gratis. Tujuannya untuk memperkenalkan komunitas blogger yang khusus menulis tentang buku kepada para pembaca lainnya.

Dalam hal partisipasi aktif antar anggotanya, Komunitas BBI tidak melakukan pembatasan ini itu pada para anggotanya, syaratnya hanya satu, mereka punya blog khusus tentang buku. Untuk gaya penulisan, model blog, genre buku-buku yang dibacanya, dll, tidak ada pembatasan sama sekali dan semua menyajikan blognya dengan kekhasannya masing-masing sehingga dengan keragamanannya itu juga maka semua anggota BBI akan semakin diperkaya baik dari keragaman buku-buku yang diereview maupun dari cara penulisan reviewnya sehingga masing-masing anggota bisa saling belajar dari para blogger buku lainnya.

Dampak lainnya bagi adalah BBI-ers antara lain seperti yang dilakukan oleh Fanda yang berdiferensiasi dengan blog buku yang khusus berisikan resensi buku klasik di http://klasikfanda.blogspot.com/. Dan di penghujung tahun 2011 ini, salah seorang BBI-ers, Amat Semangat telah mencoba menerobos dunia menulis di blog dengan meluncurkan video blog buku di alinea-tv.blogspot.com. Hal ini menunjukkan para BBI-ers berinovasi membawa buku ke ruang publik seperti blog agar dunia literasi Indonesia semakin kaya dengan kehadiran blog-blog buku yang bervariasi.

Untuk memudahkan para anggota untuk mengetahui update terbaru dari para blogger buku maka dibuatlah sebuah blog aggregator di http://blogbukuindonesia.blogspot.com/ selain itu link dari blog-blog buku yang baru saja diupdate juga akan di tweett-kan di twitter BBI. Dari agregator blog dan twitter akan terlihat bahwa setiap hari ada sekitar 5-8 update terbaru dengan genre buku yang beraneka ragam baik fiksi maupun non fiksi seperti sastra, chick/teen-lit, metopop, sejarah, pengembangan diri, dan sebagainya. Selain itu buku-buku yang direview juga tidak hanya buku-buku baru melainkan buku-buku terbitan lamapun tak luput dari pengamatan para blogger buku.

Hingga kini twitter BBI telah memiliki 270 follower yang terdiri dari para penulis, resensor, penerbit, dan para pecinta buku pada umumnya. Sedangkan group FB yang dikhususkan hanya untuk mereka yang telah memiliki blog buku telah beranggotakan 39 members.*

Hernadi Tanzil, Blogger Buku Indonesia
http://http/://blogbukuindonesia.blogspot.com/

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan