-->

Kronik Toggle

Amazon Akusisi Toko Buku Terbesar di Inggris

Amazon mengumumkan akan mengakuisisi The Book Depository, toko buku online Inggris yang menjual lebih dari 6 juta judul dan mengirimkan ke lebih 100 negara.

The Book Depository dalam situsnya mengklaim sebagai toko buku online yang mengalami pertumbuhan paling cepat di Eropa dan tokobuku online terbesar di Inggris, yang memiliki lebih dari satu juta pelanggan. Mereka yang membeli buku dari The Book Depository dibebaskan dari ongkos kirim.

Amazon belakangan ini sukses mendorong penjualan ebook. Penjualan Kindle mampu melampaui penjualan buku hardcover pada bulan Juli 2010 dan buku paperback pada awal Januari. Lima bulan kemudian, buku-buku Kindle melampaui buku-buku hardback dan paperback!

The Book Depository, di sisi lain, yang dibangun dari model bisnis “long tail”, dalam situsnya menyebutkan, “dari 30 juta judul buku yang pernah dicetak dalam Bahasa Inggris, hanya sedikit yang dicetak lagi. Kami mencari kemungkinan lebih banyak judul lagi.” Untuk buku yang tidak dicetak lagi, toko buku Inggris ini menerbitkan ulang buku-buku ini melalui Dodo Press milik mereka, yang sudah mencetak 15.000 judul buku.

Tampaknya tak ada hubungan antara kedua brand ini, tapi juga tidak terlihat Amazon akan menggabungkan pembelian baru itu masuk ke dalam infrastrukturnya yang lebih besar dalam waktu dekat. The Book Depository mengirimkan pesan Twitter bahwa mereka akan melanjutkan operasi secara independen.

Penulis PaidContent Ingrid Lunden melihat akusisi Amazon atas The Book Depository sebagai tanda bahwa Amazon mencoba menjual buku-buku terbitan sendiri daripada menjadi penjual buku-buku dari pihak ketiga.

Belum jelas benar apakah Amazon akan melanjutkan menggratiskan biaya pengiriman The Book Depository ke lebih dari  100 negara, dan apakah The Book Depository akan mengelola model Long Tail atau mempertahankan fokus menjadi bestseller. (The Wall Street Journal/Mashable/KSP)

*)Kompas.com 5 Juli 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan