-->

Kronik Toggle

SBY (akan) Resmikan Perpus Megah UI

DEPOK–Rektor Universitas Indonesia (UI) Gumilar Rusliwa Somantri mengatakan perpusatakan UI akan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Juni 2011. “Saya harap Pak Dipo Alam bisa membantu acara tersebut,” kata Gumilar, dalam sambutannya pada peresmian pemindahan 10 pohon African Baobab atau Ki Tambleg, di depan Perpusatakaan Universitas Indonesia (UI) Depok, Jumat.

Ia mengatakan pada Mei 2011 akan digelar Soft launching Perpusatakaan UI oleh Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh, dan Grand Opening pada Juni 2011 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Menurut dia, Gedung Perpustakaan Pusat UI (The Crystal Knowledge) yang dibangun sejak Juni 2009, akan mulai dioperasikan pada 13 Mei 2011.

Ia mengatakan fasilitas ini dibangun di atas area seluas 2,5 hektare. Luas bangunan keseluruhan sekitar 33.000 meter per segi dan merupakan pengembangan dari perpustakaan pusat yang dibangun tahun 1986-1987.

Lebih lanjut ia mengatakan Gedung perpustakaan ini didesain dengan konsep ‘sustanaible building’. Sebagian kebutuhan energi menggunakan sumber terbarukan (solar energy). Di dalam gedung, katanya, tidak diperkenankan menggunakan plastik. Area baru ini bebas asap rokok, hijau, serta hemat listrik, kertas dan air. Fasilitas ini akan menjadi salah satu perpustakaan terbesar, termodern, dan terindah di dunia.

“Perpustakaan ini akan menjadi salah satu motor internasionalisasi pendidikan tinggi di Indonesia,” ujarnya.
Perpustakaan Pusat UI tersebut akan dapat menampung sekitar 10.000 pengunjung dalam waktu bersamaan atau diperkirakan akan menampung pengunjung sekitar 20.000 orang per hari.

Perpustakaan akan menampung sejumlah 3-5 juta judul buku, dilengkapi ruang baca, silent-room (carol room) bagi dosen dan mahasiswa yang sedang menulis laporan penelitian atau karya ilmiah lainnya. Disediakan 100 silent-room. Diharapkan dari 100 ruangan tersebut, akan lahir minimal 100 jurnal internasional.

Sumber: Portal Berita Republika, 6 Mei 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan