-->

Kronik Toggle

Rektor UI: Menanam Pohon Sama dengan Membaca Buku

Depok-Rektor Universitas Indonesia (UI), Gumilar Rusliwa Somantri, menilai penanaman pohon sama halnya dengan membaca buku. “Sama-sama membuahkan hasil. Menanam pohon mendapatkan buahnya, membaca buku mendapatkan ilmunya ,” katanya saat acara peresmian pemindahan 10 pohon African Baobab Raksasa di depan Perpustakaan Pusat Baru UI, Depok, Jawa Barat, Jumat 6 Mei 2011.


Penanaman pohon yang berdekatan dengan perpustakaan pun memiliki keterkaitan. Perpustakaan, kata Gumilar, dibangun sebagai tempat riset bagi peradaban bangsa. “Pohon juga untuk membangun peradaban bangsa,” ujarnya.

Oleh karena itu, pohon African Baobab raksasa yang dipindahkan dari Subang, Jawa Barat, ke kampus UI Depok sengaja ditanam di depan perpustakaan baru UI. Dari 10 pohon raksasa yang ditanam di kampus UI depok, tiga di antaranya terlihat ditanam di depan perpustakaan baru UI.

Dikatakan Gumilar, buah dari pohon raksasa berdiameter 4,5 meter itu mengandung 3-6 kali lipat vitamin C daripada buah jeruk. “Dengan adanya pohon ini, riset dapat dikembangkan. Bagaimana nantinya kita dapat memenuhi vitamin C bagi anak-anak kita,” ucapnya.

Pemindahan pohon Africa Baobab raksasa ke kampus UI Depok mendapat respon positif dari Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra), Agung Laksono. “Saya berpendapat pemindahan pohon Baobab adalah keputusan yang tepat,” katanya.

Penilaian Agung, pemindahan pohon raksasa itu dapat memberikan inspirasi bagi munculnya upaya besar lain yang berkaitan dengan penanaman pohon. “Setiap kegiatan menanam pohon diharapkan dapat mendukung program penanaman pohon yang dicanangkan pemerintah,” ujarnya.

Agung juga menilai pemindahan pohon raksasa ini membutuhkan kerja keras. Terutama dengan beratnya yang mencapai puluhan ton untuk satu pohonnya. “Pohon ini diharapkan dapat menambah rindangnya lingkungan kampus,” katanya.

PRIHANDOKO

*) Tempointeraktif, 6 Mei 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan