-->

Literasi dari Sewon Toggle

Randa: "Bu, pamit mau ke Perpus"

randaNamaku Randa Desianturi Putra (12). Baru saja lulus dari SD Muhammadiyah Karangkajen. Saya mulai rajin mengunjungi perpustakaan IBOEKOE. Seingatku, belum lama. Hari Jumat minggu lalu. Informasinya saya dapatkan dari Andri Hernawan. Temanku di kelas II SMP Islam, Gedongkiwo: “Situ aja kalau pengen istirahat atau membaca buku.”

Di sekolahku sendiri juga punya perpustakaan. Namanya nggak ada. Ditulis saja “Perpustakaan”. Bukanya untuk kelas 6 buka Senin-Kamis. Jam belajar. Tapi bisa masuk perpustakaan ya jam istirahat yang 45 menit dikurangi jam jajan.

Koleksinya kebanyakan buku komik. Ya itu saja. Makanya saya suka komik. Jadi teringat tetangga saya komikus terkenal dari ISI. Terra Brajagosha namanya. Belum baca komiknya sih. Tapi ngerti kalau Terra itu terkenal. Di IBOEKOE ada juga komiknya. Ditulis bareng orang lain. Lupa-lupa. Mungkin bareng sama penulis Eko Prasetyo.

Perpustakaan IBOEKOE itu tak jauh dari rumahku di Pugeran. Kalo sudah sampai di Nagan terus ke wetan. Dekat Alkid. Kalau bareng teman, naik sepeda.  Kalau sendiri biasanya jalan kaki. Jalan kaki cuma 15 menit. Kalau soal alan kaki saya sudah sering. Apalagi main ke Alun-Alun Kidul malam hari.

Banyak buku di sana. Tapi saya kepinginnya kamus-Kamus, rumus matematika, kosa kata (bahasa Indonesia). Di sekolah ada. Tapi nggak lengkap. Banyak suwek (sobek).

Di rumahku tak ada perpustakaan. Hanya rak buku. Bapak cuma suka baca koran. Hanya saya dan kakak yang suka baca. Sekarang kakak di Kalimantan Selatan. sekolah dan jaga warnet. Namanya Evi (18). Ikut dengan saudara. Ibu kerja jualan cireng di SD Muhammadiyah. Makanan bandung. Isinya daging gilingan. Sebelum dimasak putih. Masak agak kecokelatan. Bentuknya seperti pastel.

“Bu saya mau ke Patehan mau baca buku,” kataku pagi ini (22/5). Pagi ini saya tak memakai sepeda. Maklum, lagi rusak.

“Hati-hati. Jangan nakal di situ,” Ibu memperingatkan.

Dan, perpustakaan IBOEKOE masih tutup. Padahal sudah jam 10. Seperti tertera di jadwal bukanya: dari jam 10 pagi sampai 10 malam. Dari Selasa-Minggu.

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan