-->

Kronik Toggle

Perpustakaan Kartini Termegah di Jateng Diresmikan

Penulis: Tosiani

TEMANGGUNG–MICOM: Sebuah perpustakaan umum baru bernama Kartini di Kompleks Taman Kartini Kowangan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah diresmikan Bupati daerah itu, Hasyim Affandi, Senin (2/5).

Perpustakaan ini merupakan yang terbesar, termegah, dan terbagus se-Jawa Tengah.

“Kita berharap Temanggung menjadi daerah maju. Semua masyarakat maju berciri khas disiplin, giat bekerja dan gemar membaca. Turis asing di Borobudur terlihat selalu mengantongi buku di saku mereka. Oleh karena itu, bagaimana kita membimbing masyarakat untuk itu. Dengan APBD kecil dan terendah kita mampu membangun perpustakaan ini,” kata Bupati Temanggung Hasyim Affandi, Senin (2/5).

Perpustakaan umum ini menempati gedung baru berlantai dua seluas 988 meter persegi untuk lantai satu, dan 1.014 meter persegi untuk lantai dua.

Dibangun dengan dana APBD 2009 dan 2010 sebesar Rp4 miliar. Gedung tersebut dilengkapi layanan terbitan berkala (serial), koleksi referensi, perpustakaan braille khusus untuk tuna netra, layanan koleksi anak, dan pembelajaran anak, sirkulasi, layanan multi media, layanan bimbingan dan pengembangan perpustakaan, konsultasi dan praktik kerja lapangan, musholla, serta perpustakaan keliling.

Kepala Kantor Arsip, Perpustakaan dan Dokumentasi Kabupaten Temanggung Bambang Edhi Hartono menyebut, perpustakaan ini memiliki koleksi sebanyak 32.715 eksemplar, dengan jumlah anggota perpustakaan mencapai 8.700 orang.

Sebelum diresmikan, peminjam ke perpustakaan ini sudah mencapai 72 orang per hari, dengan jumlah buku yang dipinjam rata-rata sebanyak 800 eksemplar per bulan. Jumlah pengunjung perpustakaan ini rata-rata 125 orang per hari.

“Perpustakaan umum ini juga mengelola kegiatan bintek pengelola perpustakaan desa dan perpustakaan sekolah, mengadakan sejumlah lomba, seperti perpustakaan desa / sekolah, penyuluhan minat baca, karya ilmiah, mading, bercerita, dan mewarnai. Kami juga memberikan hibah pada 20 perpustakaan desa untuk pengembangan perpustakaan desa, serta melakukan kegiatan pameran buku,” kata Edhi.

Perpustakaan umum ini, kata Kepala Bagian Humas Setda Temanggung Anteng Ujiani dinyatakan sebagai yang paling besar, paling megah dan paling bagus se-Jateng.

“Kemarin itu saat rapat diungkap, perpustakaan Temanggung ini merupakan yang terbesar, terbagus dan termegah di antara perpustakaan-perpustakaan lainnya di Jateng,”kata Anteng. (OL-12)

Sumber: Situs berita Media Indonesia, 2 Mei 2011

1 Comment

lusi - 09. Jan, 2013 -

asyik dan tenang kalo baca d perpusda tmg …

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan