-->

Kronik Toggle

Pengadaan Buku di Diknas Bone Dipolisikan

BONE–Pengadaan buku tahun 2010 yang ber-PAGU anggaran kurang lebih Rp. 9 miliar dari sumber APBN di lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Bone dilaporkan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat ( LSM) Latenritatta Bone.

Diduga pengadaan buku tersebut berdasarkan temuan Latenritatta ada permainan antara rekanan dengan panitia tender dimana tidak mengikuti Rancangan Anggaran Biaya ( RAB) .

Berdasarkan temuan Latenritatta buku yang seharusnya diadakan dengan judul yang ditentukan diduga tidak sama dengan RAB.

Selain itu, bangunan perpustakaan tidak sesuai dengan besteknya karena ditemukan beberapa bangunan di beberapa kecamatan diantaranya sebuah sekolah dasar di Kecamatan Cina yang menggunakan bahan material bangunan yang tidak sesuai seperti penggunaan kayu yang seharusnya kayu kelas sejenis jati sementara faktanya di lapangan menggunakan kayu mangga.

Hal ini diutarakan oleh ketua LSM Latenritatta, Muchawas kepada Upeks ,Rabu (18/5), timnya sudah melaporkan ke pihak Kepolisian Bone untuk ditindaklanjuti terkait dengan banyak keganjilan pemanfaatan dana alokasi khusus ( DAK) yang diindikasi merugikan negara.

Muchawss juga menjelaskan bahwa dalam proyek itu kurang lebih 100 sekolah yang terfasilitasi dana tersebut diindikasi semuanya bermasalah dan jauh melenceng dari bestek atau RAB-nya.

“Untuk pengadaan buku diduga kuat panitia dan rekanan saling kerja sama,” jelasnya.

Berdasarkan temuan Muchawas dari pengakuan beberapa rekanan yang telah ditemuinya bahwa banyaknya bangunan fisik serta dalam pengadaan buku itu yang bermasalah karena diduga telah banyak dipotong oleh oknum-oknum tertentu yang masuk dalam panitia tender.

Untuk diketahui juga sebelum proyek DAK ini digulirkan pertengahan bulan tahun 2010 lalu tersebar isu kalau semua proyek pembangunan fisik seperti perpustakaan telah menjadi jatah puluhan anggota dewan Bone dan proyek itu juga dikabarkan dijual kembali ke kontraktor.

Sumber: Situs berita Ujungpandang Ekspres, 19 Mei 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan