-->

Kronik Toggle

Mundur dari Jabatan, Anggito Terbitkan Buku

Jakarta -Mantan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Anggito Abimanyu akan meluncurkan buku sebagai momen setahun dia keluar dari lembaga pemerintah tersebut. “Ada sejumlah peristiwa penting yang akan saya tulis di buku itu,” katanya saat membuka diskusi dengan wartawan di kantor Menko Perekonomian, di kawasan Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (2/5)


Menurut Anggito dalam buku yang sudah selesai draft penulisannya itu akan memuat cerita tentang kasus bail out Bank Century dan seputar divestasi saham Newmont. “Hubungan dengan menteri keuangan, dan hubungan internal di dalam Kementerian Keuangan,” katanya.

Rencananya di dalam buku tersebut, dia akan menyertakan pula sejumlah lagu yang diciptakan. “Saya sertakan CD di buku itu,” katanya. Anggito selama ini dikenal piawai memainkan alat musik tiup saksofon.

Dia tidak mengelak bila buku ini menjadi semacam buku putih tentang pengalaman dia masuk di birokrasi pemerintah. “Ya semacam itulah,” katanya. Anggito mundur dari posisi kepala Badan Kebijakan Fiskal pada 24 Mei 2010 lalu.

Anggito mengatakan tidak akan mengambil royalti dari buku yang akan diluncurkan pada 28 Mei di kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak. “Saya akan mensubsidi pembaca,” katanya dengan sedikit bergurau.

Setahun yang lalu, Anggito mengundurkan diri dari jabatan Kepala Badan Kebijakan Fiskal, setelah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tidak kunjung melantik dirinya sebagai wakil menteri keuangan, dan justru melantik Anny Ratnawati sebagai wakil menteri keuangan bersamaan dengan ditunjukkan Agus Martowardojo sebagai menteri keuangan menggantikan Sri Mulyani. Padahal nama Anggito sudah jauh hari disebut diangkat sebagai wakil menteri, namun batal dilantik karena tidak memenuhinya syarat kepangkatan.

IQBAL MUHTAROM

*) Tempointeraktif, 2 Mei 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan