-->

Tokoh Toggle

Jozsef Tari || Si Kolektor Buku Mini Terbanyak

BUDAPEST – Seorang kutu buku asal Hongaria, Jozsef Tari, memiliki obsesi untuk dapat menjadi pengoleksi buku miniatur terbanyak di dunia. Jozsef memiliki puluhan rak dipenuhi 4.500 buku dan novel yang hanya berukuran beberapa milimeter.2011 05 30_Buku_Jozsef Tari, Si Kolektor Buku Mini

Kanan: Jozsef dengan kumpulan buku mininya, Kiri: Salah satu buku mini Jozsef/Dailymail

Jozsef memiliki buku sastra, sejarah, politik, olahraga dan seni, dari 31 negara di seluruh dunia dengan ukuran yang sangat kecil.

Buku terkecil yang dia miliki berukuran tinggi 2,75 mm dan lebar 1,75 mm.

Meskipun mereka semua memiliki halaman sangat kecil mereka memiliki ukuran font yang dapat dibaca dengan mata telanjang.

“Saya mengembangkan minat saya pada buku miniatur ketika saya bekerja sebagai pencetak buku,” ujar József, demikian lansir Dailymail, Senin (30/5/2011).

“Pada awalnya saya menyimpan buku-buku kecil ini di dalam rak kertas, namun saya membuatkan rak khusus agar saya dapat melihat terpajang rapi,” imbuhnya.

Kini Jozsef sudah memiliki 4.500 buku mini, tetapi dia berniat untuk terus selalu menambah jumlah koleksinya.

“Saya selalu berusaha mendapatkan beberapa copy dari setiap publikasi sehingga bisa saling bertukar dengan kolektor lain,” ujar dia.

Jozsef mulai mengumpulkan miniatur hampir empat puluh tahun yang lalu pada 1972 dan sekarang dia lebih sering mendapatkan buku miniatur sebagai hadiah pemberian dari teman-teman atau keluarganya.

Buku pertamanya adalah _Konstitusi Rakyat Republik Hongaria_, dengan lebar 26 mm dan tinggi 35 mm. Buku tertua yang dikoleksi Jozsef berusia 100 tahun. Demikian diwartakan situs daring okezone.com 30 Mei 2011.

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan