-->

Kronik Toggle

Jambore Taman Bacaan Masyarakat Yogya

YOGYAKARTA- Sebagai bentuk apresiasi kinerja insan Pendidik dan Tenaga Kependidikan – Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PTK PAUD NI) atas dedikasinya dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan PAUD NI di D.I. Yogyakarta, Balai Pengembangan Kegiatan Belajar (BPKB) DIY akan menyelenggarakan Jambore PTK-PAUD NI pada 16 hingga 17 Juni 2011 mendatang yang bertempat di kompleks kantor BPKB DIY.

“Kegiatan ini diperuntukkan sebagai ajang pembinaan prestasi PTK PAUDNI. Sebagaimana di pendidikan formal ada pemilihan guru, kepala sekolah, dan pengawas berdedikasi, di PAUDNI ada Jambore PTK PAUDNI. Walaupun begitu, diakui kegiatan ini belum mampu menyentuh seluruh PTK PAUDNI karena begitu beragamnya PTK yang ada dalam dunia PAUDNI”, ungkap Kepala BPKB DIY, Drs. Bashiran saat membuka acara Sosialisasi Jambore PTK PAUDNI, Senin (9/5) di Aula BPKB DIY.

Lebih lanjut Bashiran menerangkan bahwa nantinya para pemenang dalam ajang Jambore PTK PAUDNI tingkat provinsi, akan didaulat menjadi duta PTK PAUDNI DIY dalam Lomba Jambore PTK PAUDNI tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Lombok, NTB.

“Dinas Kabupaten-Kota diharapkan mampu menyiapkan duta terbaiknya untuk mengikuti Jambore PTK PAUDNI di tingkat DIY. Selain itu kepada tim juri, kami mohon untuk memberikan penilaian yang terbaik, agar DIY memperoleh duta provinsi yang terbaik dari yang terbaik”, terang Bashiran.

Harapan Bashiran ini dilandasi pada menurunnya jumlah perolehan medali kontingen DIY pada Jambore PTK-PNF di tahun 2010 yang lalu.

“Sempat menjadi peringkat I dibawah juara umum di tahun 2007, Juara Umum bersama ditahun 2008 dengan Jawa Tengah, serta Juara Umum di tahun 2009, peringkat DIY merosot menjadi Juara 8 di tahun 2010”, ungkap Bahiran.

Namun pada saat menjadi juara umum di tahun 2008 dan 2009, peta Provinsi yang mengikuti Jambore dan memperoleh medali hanya 9 provinsi. Sebaliknya di tahun 2010, sudah ada 23 provinsi yang mengikuti Jambore.

“Artinya semua provinsi mulai berpartisipasi dan termotivasi untuk sukses di ajang Jambore ini. Sehingga ini merupakan tantangan tersendiri bagi kita, untuk dapat berprestasi lebih baik di ajang kali ini”, pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, ada tiga kategori lomba yang akan dipertandingkan pada Jambore PTK PAUDNI di tingkat DIY, yakni Lomba Karya Nyata (LKN), Lomba Karya Tulis (LKT) dan Porseni.

Kategori LKN terdiri dari Lomba Guru PAUD (KB/TPA/SPS), Pengelola PAUD (KB/TK/SPS), Pengelola PKBM, Pengelola TBM, dan Tutor Keaksaraan Fungsional. Sedangkan untuk kategori LKT terdiri dari Lomba Pamong Belajar BPKB dan SKB, Lomba Penilik, Lomba Pengelola Kursus, serta Lomba Pengelola Program PAUDNI. Dan untuk kategori Porseni terdiri dari lomba instruktur seni tari, instruktur senam, instruktur tata rias, instruktur seni musik, dan lomba PTK PAUDNI. (m.tok)

Sumber: Portal berita BPKP DIY, 9 Mei 2011, “BPKB DIY Sosialisasikan Jambore PTK PAUDNI”

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan