-->

Kronik Toggle

Isi Liburan Dengan Pesta Buku, Peringati Hari Buku Nasional

Mengisi liburan, Rabu (17/05) ratusan siswa pesantren Hidayatullah, mengikuti kegiatan bertajuk: Santri Pesta Baca-Tulis bersama SIRIKIT SYAH. Di acara talkshow, SIRIKIT SYAH mengawalinya dengan memaparkan makalah berjudul: Buku, Pendidikan, dan Peradaban.

Penuh antusias, SIRIKIT yang telah menulis sejumlah buku- menyatakan bahwa, bangsa yang rakyatnya membaca buku adalah bangsa yang terdidik dan memiliki peradaban yang maju.

“Melalui buku, ada informasi dan pengetahuan yang mendalam, menyentuh, yang tidak instan. Bacaan buku mendorong perenungan, kita terpaksa berkontemplasi. Halaman demi halaman yang kita baca tetap menyuruh kita berpikir, merenung. Tak jarang, baru selesai membaca setengah buku, kita sudah terilhami untuk menulis atau melakukan hal-hal lain yang produktif dan kreatif,” tutur SIRIKIT.

Di sesi dialog, banyak santri (terdiri dari siswa SMP dan SMA serta mahasiswa) yang memanfaatkannya. Mulai dari pertanyaan seperti, bagaimana cara memelihara spirit membaca dan menulis, sampai dengan bagaimana kiat mengail inspirasi tema tulisan dan lalu menuliskannya dengan baik.

Acara kemudian berlanjut dengan kegiatan aneka lomba. Ada lomba menulis opini, puisi, dan resensi buku. “Buku, Titian Indah Menuju Peradaban Mulia,” demikian judul satu diantara opini.

Setelah acara lomba, para santri, langsung menyerbu Bazar Buku. Mereka memanfaatkannya untuk membeli buku-buku yang disukai. Atas antusiasme para santri mengikuti acara itu, panitia tampak bersyukur.

“Menyampaikan materi pembelajaran secara integratif kepada santri. Di dalamnya ada aspek pelajaran agama Islam, Bahasa Indonesia, dan Ilmu Pengetahuan Sosial,” tegas Ustadz WAHYU PRASTYA, Ketua Panitia, seperti disampaikan dalam siaran pers yang diterima suarasurabaya.net, Selasa (17/05).(tok)

*)Suarasurabaya.net 17 Mei 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan