-->

Kronik Toggle

Digitalisasi Arsip Berita Surat Kabar di Perpustakaan Perlu Dilakukan

Yogyakarta–Di era digital saat ini, digitalisasi arsip artikel berita surat kabar (SK) menjadi sangat penting dilakukan. Digitalisasi perlu dilakukan untuk mempermudah akses perolehan informasi bagi mahasiswa dan masyarakat umum.

Hal tersebut menguak dalam diskusi bertajuk ”Digital Archiving of Materials Froum South East Asia and Acquisitions”, yang digelar Perpustakaan UGM.

Dr Jefferey W Petersen, pustakawan Universitas Cornell Amerika Serikat menyebutkan, ide digitalisasi surat kabar itu salah satunya untuk mengatasi keterbatasan ruang penyimpanan surat kabar di perpustakaan. Dengan mengkoleksi berbagai macam surat kabar cetak, tentunya perpustakaan membutuhkan banyak ruang. Sementara ruang perpustakaan sangat terbatas.

”Oleh karena itu, dengan mengemas dan mengarsipkannya menjadi ”file digital” yang dapat diakses dan disimpan dalam perangkat lunak komputer, maka hal itu akan  memberikan efisiensi tersendiri bagi perpustakaan,” jelasnya.

Selain hal tersebut, lanjutnya, digitalisasi surat kabar juga untuk mengatasi permasalahan turunnya anggaran di perpustakaan-perpustakaan universitas di Amerika Serikat. Dengan digitalisasi diharapkan mampu meminimalisir anggaran untuk membeli surat kabar.

Dalam kesempatan tersebut Petersen juga menyampaikan rencana kerja sama yang ingin dibangun dengan universitas di Indonesia dalam hal digitalisasi arsip artikel berita dari surat kabar Indonesia. ”Kerja sama arsip digital ini terbuka bagi universitas-universitas dan ”subscriber” di Indonesia. Dengan kerja sama ini diharapkan dapat membantu mahasiswa Amerika dan Indonesia dalam mengakses artikel berita mengenai Indonesia,” paparnya.

Dengan kerja sama tersebut, lanjutnya, universitas/lembaga yang terlibat dapat mengakses ”resources” koran-koran yang diarsip di perpustakaan Universitas Cornell sekaligus mendapatkan backup data. Universitas Cornell sendiri sudah memiliki koleksi jurnal dan surat kabar digital di perpustakaan.

Hanya dengan mengunjungi ”website” perpustakaan ”on-line” perpustakaan Cornell, pengunjung dapat memilih kategori surat kabar berdasarkan kata kunci di kotak pencarian yang tersedia. Hingga saat ini Universitas Cornell telah mengarsipkan artikel suratkabar sebelum tahun 50-an dari Indonesia.

Kepala Perpustakaan UGM, Drs Ida Fajar Priyanto MA mengatakan, Perpustakaan UGM kini tengah berupaya mendapatkan surat kabar lama di Perpustakaan Nasional. Kali ini UGM mencoba lebih spesifik lagi mengenai koleksi digital surat kabar tersebut.

(Bambang Unjianto / CN34 / JBSM )

Sumber: Situs berita Suara Merdeka, 28 Mei 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan