-->

Kronik Toggle

Berbagi Buku, Berbagi Pengetahuan

YOGYAKARTA – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya, memanfaatkan momen Hari Buku Nasional pada 17 Mei 2011 mendatang untuk menyelenggarakan perhelatan Bulan Buku Jogja 2011 dengan tema ‘Ayo Sumbang Buku’.

Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta, Sri Sulastri, Sabtu (30/4/2011), mengatakan, satu di antara kegiatan tersebut yakni gerakan menyumbang buku. “Gerakan ini bertujuan mengajak masyarakat menyumbangkan buku agar bisa dimanfaatkan masyarakat yang membutuhkan. Sumbangan disalurkan lewat Bank Buku di Perpustakaan Kota,” ujarnya.

Penggalangan buku ini juga dilakukan langsung ke rumah warga. Yaitu dengan meletakkan tempat penampungan di sejumlah 45 kelurahan se-Kota Yogyakarta. “Kami jemput bola dari 2 Mei hingga 14 Mei 2011,” jelas Sulastri.

Adi Supo, Tim Pengembang Perpustakaan Kota sekaligus seorang di antara panitia bulan buku, menuturkan, perhelatan ini adalah kali ketiga Perpustakaan Kota mengadakan gerakan sumbang buku. Jika pada 2009, kotak buku penampung sumbangan hanya ada di Perpustakaan Kota, tahun ini akan ditempatkan di masing-masing kelurahan.

“Dari tahun ke tahun selalu ada inovasi. Selain di perpustakaan, pada 2010, kotak juga kami sediakan di tempat-tempat umum,” katanya.

Sumber: Situs berita Tribun Jogja,  30 April 2011, “Nyumbang Buku, Yuk..!”

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan