-->

Kronik Toggle

Anak Lambat Membaca? Jauhkan Dari Komputer

Anak-anak yang menghabiskan banyak waktu melihat komputer ternyata merusak kemampuan mereka untuk membaca.

Peneliti dari Universitas Gothenburg di Swedia ini menganalisa kemampuan membaca anak dari usia sembilan sampai 10 tahun di Hungaria, Italia, Amerika Serikat dan Swedia dari waktu ke waktu.

Mereka menemukan bahwa sejak tahun 1991 kemampuan membaca telah meningkat secara stabil di Italia dan Hongaria, sementara itu telah turun dengan cepat di Amerika Serikat dan Swedia.

Ini karena para murid di Swedia dan Amerika menggambarkan peningkatan besar dalam penggunaan komputer di waktu luang mereka, sementara peningkatan serupa tidak dilaporkan di Hungaria atau Italia.

Pemimpin penelitian Profesor Monica Ros mengatakan bahwa penelitian ini menunjukkan masuknya komputer ke rumah telah memberikan kontribusi untuk mengubah kebiasaan anak-anak sedemikian rupa sehingga membuat kemampuan membaca menurun.

Ia menambahkan, bahwa membaca dari layar komputer tidak membantu anak-anak untuk mengembangkan kemampuan membaca mereka dalam cara yang sama seperti membaca dengan buku.

“Ini sangat penting dilihat agar kita tidak langsung mengambil kesimpulan bahwa penurunan kemampuan membaca hanya disebabkan oleh miskinnya pendidikan, namun teknologi menjadi salah satu faktor juga” terang Ros.

Sumber: TribunNews.com, 26 Mei 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan