-->

Kronik Toggle

Sharing Tiga Komunitas Baca di Kampoeng Media Book Day

Bagaimana jika tiga orang dari tiga komunitas yang berbeda berbagi cerita tentang buku? Jawabannya menginspirasi.

Itulah yang tertangkap di acara Kampoeng Media Book Day 2011 yang digelar Suara Surabaya Media, Sabtu (23/04). Dalam Panggung Komunitas-rangkaian acara Kampoeng Media Book Day 2011, tiga pionir dari tiga komunitas dihadirkan. Mereka adalah SUSILIA DAMAYANTI dari Surabaya Women’s Book Club, Goodreads dan PRITA HENDRIANA WIJAYANTI dari Komunitas Insan Baca.

Bagi ketiganya, buku menjadi hal yang sangat berharga. SUSILIA misalnya. Buat dia, boleh saja tidak membeli pakaian atau makanan kecil, “Tapi harus ada anggaran untuk membeli buku. Harta yang paling berharga adalah buku,” ujarnya.

Mereka pun mengungkapkan bagaimana kecintaan mereka terhadap dunia literasi dan buku mampu menggerakkan ketiganya untuk mendirikan komunitas. Seperti yang diceritakan PRITA. Koordinator Komunitas Insan Baca ini memulai membangun komunitas pada 2007 lalu.

Semula, ia hanya bergabung dengan milis 1001 buku. Namun, setelah beberapa lama, PRITA akhirnya merasa harus mempunyai sendiri komunitas tentang buku. Berangkat dari taman bacaan, PRITA pun menggandeng para pengelolanya baik individu maupun LSM untuk membuat sebuah gerakan.

“Waktu itu, Surabaya masih belum ada gerakan atau komunitas yang kumpul-kumpul bicara soal buku. Karena itu mengajak pengelola taman bacaan untuk bikin gerakan,” kata PRITA.

Dalam perkembangannya, ketiga komunitas tersebut mendapat respon positif. Anggotanya pun semakin bertambah setiap waktu, meskipun tidak seluruhnya aktif. Beragam kegiatan pun digelar, diantaranya bedah buku, diskusi, dan juga mendongeng.

Selain kehadiran tiga komunitas, Kampoeng Media Book Day 2011 juga mendatangkan komunitas nulisbuku.com. Komunitas ini memberikan kesempatan bagi para penulis pemula untuk menerbitkan buku tanpa harus melewati prosedural penerbit.

Selain itu adapula bazaar buku, book drop box dan lomba foto. Kegiatan Kampoeng Media Book Day 2011 ini memperingati Hari Buku sedunia yang jatuh pada 23 April 2011. Rangkaian acara Kampoeng Media Book Day 2011 masih berlanjut hingga 24 April 2011 yang juga akan diisi dengan lomba kolase, bercerita dan talk show bersama penulis Kecil-kecil Punya Karya.(git)

*) suarasurabaya.net, 23 April 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan