-->

Kronik Toggle

Mukaddimah Ibnu Khaldun Diluncurkan

Jakarta – Kedutaan Besar Tunisia di Indonesia bekerjasama dengan Pustaka Al-Kautsar menggelar acara peluncuran buku Mukaddimah karya Ibnu Khaldun edisi bahasa Indonesia di Jakarta, Kamis (7/4) malam.


“Ini acara kebudayaan penting dalam mengawali perayaan 50 tahun hubungan diplomasi Tunisia dan Indonesia,” kata Duta Besar Tunisia Mohamed Hassairi.

Mengomentari buku Mukaddimah, Dubes Hassairi mengatakan Ibnu Khaldun merupakan ilmuwan muslim terkemuka asal Tunisia yang lewat tulisannya mengingatkan bahwa kaum muslimin memiliki sumbangan besar dalam mengendalikan peradaban dunia.

“Buku ini mengisahkan peradaban modern umat manusia yang dibangun dengan landasan nilai-nilai Islam sebagai rahmatan lil alamin,” tutur Dubes Hassairi.

Adapun Direktur Pustaka Al-Kautsar Tohir Bawazir berharap buku ini menjadi jembatan kebudayaan antara Indonesia dan Tunisia. “Mudah-mudahan,” kata Tohir. Ia juga berharap kehadiran buku ini bisa mendorong  negara-negara lain untuk bekerjasama menerbitkan buku-buku peradaban Islam lainnya. “Terutama yang berada di kawasan Magribi seperti Maroko dan Aljazair,” ujarnya.

ANDREE PRIYANTO
*)Tempointeraktif 7 April 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan