-->

Kronik Toggle

Minat Baca Tinggi Tetapi Daya Beli Buku Masih Minim

Di Jawa Timur, dari sebuah studi sederhana tentang minat baca masyarakatnya, ternyata cukup tinggi. Tetapi daya beli terhadap buku dinyatakan masih sangat minim. Dan itu disebabkan oleh banyak hal.

“Harga buku yang masih tergolong mahal bisa dijadikan indikasi, masih minimnya daya beli masyarakat terhadap buku. Ini yang kemudian menjadikan munculnya disparitas terkait dengan minat baca,” kata SAIFULLAH YUSUF Wakil Gubernur Jawa Timur.

Dampaknya, tingkat kecerdasan didalam masyarakat menjadi sangat beragam. Kawasan yang memiliki sarana dan prasarana pendukung minat baca, seperti perpustakaan yang lengkap misalnya, dapat dipastikan tingkat kecerdasan masyarakatnya cukup bagus.

“Karena mereka dengan leluasa dapat menikmati berbagai macam buku yang dapat menunjang serta menambah tingkat kecerdasan melalui berbagai buku tersebut,” tambah SAIFULLAH YUSUF.

Oleh karena itu, SAIFULLAH YUSUF menyambut hangat pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan buku murah dan mencerdaskan seperti yang digelar dalam Kompas Gramedia Fair 2011 di Gramedia Expo, Rabu (13/04).

Ditemui ditempat terpisah, NUGROHO F. YUDHO General Manager Humas Kompas Gramedia membenarkan bahwa sampai saat ini masyarakat masih kesulitan untuk mendapatkan buku murah.

“Ini memang kendala yang seharusnya bisa segera diatasi, sebagai satu diantara upaya untuk ikut mencerdaskan masyarakat melalui buku. Dan Kompas Gramedia Fair 2011 dan yang sebelumnya merupakan satu diantara upaya untuk itu,” tutur NUGROHO F. YUDHO saat berbincang dengan suarasurabaya.net, Rabu (13/04) usai seremonial pembukaan di Gramedia Expo Surabaya.(tok)

*) Suarasurabaya, 13 April 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan