-->

Kronik Toggle

Jauh, Minat Membaca Tetap Tinggi

BONTANG – Perpustakaan Umum Kelurahan Loktuan terus meningkat jumlah pembaca dan pengunjungnya. Hal ini menjadi barometer tingginya minat baca di daerah Loktuan dan sekitarnya.

Awalnya, perpustakaan ini dimiliki dan dikelola PT Pupuk Kaltim, namun sudah 2 tahun ini pengelolaannya diserahkan Pemkot Bontang. Perpustakaan yang terletak di jalan Pinisi III Loktuan ini buka setiap hari, mulai dari pukul 08.00 sampai 16.00 Wita.

Tempat ini seperti menjadi oase  bagi anak-anak dan masyarakat pembaca seputar Loktuan dan Guntung, perpustakaan ini pun mempunyai koleksi buku yang lumayan lengkap. Koleksi perpustakaan ini terdiri dari 1016 eksemplar buku, dari sekitar 507 judul, itupun belum ditambah dengan buku stok sebelumnya milik Taman baca PKT, yang mana sebagian diantaranya sudah tidak layak baca. “Namun begitu, koleksi buku yang ada masih belum mencukupi,”  Menurut Milawati, salah seorang staff perpustakaan.

Jenis buku yang tersedia beragam. Mulai dari buku anak-anak sampai panduan budidaya tanaman dan hewan ternak. Tidak heran kalau usia pembacanya juga beraneka ragam antara lain anak-anak sekolah, guru sekolah dan masyarakat umum. Pepustakaan ini dikepalai oleh Haedar yang juga lurah Loktuan.

Perpustakaan yang dahulu bernama Yayasan Taman Baca saat masih dikelola PKT ini sudah diambil alih oleh kelurahan sejak 2 tahun lalu. Perpustakaan ini sering juga difungsikan untuk kegiatan belajar, mengajar (LES).

“Gurunya ya kami-kami ini Mas, masih banyak waktu luang soalnya, ” tegas Milawati.
Menurutnya, bagi murid-murid tidak ditarik bayaran, “Tapi, kadang-kadang ada juga yang membayar sukarela, ” akunya lagi.(*/dp/kri)
*) kaltimpost, 19 April 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan