-->

Lainnya Toggle

Gwyneth dan Eva Luncurkan Buku Resep

Dalam waktu hampir bersamaan, Gwyneth Paltrow dan Eva Longoria meluncurkan buku resep masakan rumahan. Buku Gwyneth berjudul My Father’s Daughter: Delicious, Easy Recipes Celebrating Family & Togetherness, sedangkan buku Eva bertitel Eva’s Kitchen: Cooking with Love for Family & Friends.

Dari judulnya kita dapat mengetahui, kedua perempuan ini memiliki ikatan yang kuat dengan keluarganya, dan mewarisi pengetahuan tentang makanan yang berkualitas sekaligus keahlian memasak dari keluarganya. Gwyneth, misalnya, mengaku bahwa kecintaannya pada makanan diturunkan oleh ayahnya, sutradara Bruce Paltrow. Oleh karena itu, buku yang dikemas mewah ini tak sekadar menjadi buku kumpulan resep, melainkan juga buku yang berisi kisah-kisah yang mewarnai terciptanya berbagai resep masakan tersebut.

Untuk memasak, Gwyneth banyak berkonsultasi dengan celebrity chef Jamie Oliver, dan tentunya Mario Batali. Bersama Batali, perempuan 38 tahun ini pernah membuat film dokumenter berjudul Spain… on the Road Again. Film ini mengisahkan perjalanan mereka ke Iberia (mereka mengemudikan mobil bergantian), menikmati makanan yang lezat dan memasaknya bersama.

Sedangkan untuk menyusun resep dan melakukan uji resepnya, Gwyneth mendapat bantuan dari penulis makanan, Julia Turshen. Keterlibatan Turshen ini membuat buku Gwyneth menjadi lebih kredibel, namun terkesan fun dan mudah diikuti.

Dalam bukunya, perempuan yang juga memiliki website bernama Goop ini mengangkat pentingnya memasak yang sehat bagi keluarga. Ia menyiapkan resep masakan-masakan rumahan yang cukup menarik. Misalnya, sup, pasta dengan saus buatan sendiri, bahkan burger untuk anak-anak.

Gwyneth menyadari, tak mudah mengajarkan orang untuk makan dengan sehat. Apalagi ia sendiri menggemari makanan-makanan yang berlemak.

“Pasta itu favorit saya. Saya suka pasta, makanan apapun yang digoreng, dan keju yang cita rasanya kuat. Ya, ketiga hal itu kelemahan saya,” ujarnya.

Untuk memasak, pemeran Holly Holliday di serial Glee ini menyarankan agar Anda tak perlu takut membuat kesalahan. Percaya diri adalah kuncinya. Ia menyukai gaya Jamie Oliver dan Mario Batali yang senang memasukkan bahan apa saja ke dalam masakannya. “Mereka mengajarkan saya untuk rileks saat memasak, dan bersenang-senang saja. Semua orang bisa melakukannya, kok,” katanya.

Dapur Eva
Sementara itu, Eva Longoria menyusun buku resepnya karena selalu menganggap dirinya sebagai domestic goddess. Ia paling menikmati momen memasak makanan di rumah untuk suaminya. “Aku sangat domestik, jadi aku punya identitas yang kuat dalam menjadi istri,” ujar Eva, yang sayangnya baru bercerai dari sang suami, Tony Parker.

Ia kini tinggal bersama dua sahabatnya, dan memasak adalah salah satu aktivitas favoritnya. Anda mungkin tak akan menyangka, Eva yang lebih sering terlihat mengenakan rok mini dan high heels ini ternyata perempuan rumahan biasa.

Perempuan berdarah Meksiko yang besar di sebuah peternakan di Texas ini mendapat pengaruh yang besar dari ibu dan bibinya dalam memasak. Kedua sosok tersebut mengajarkan nilai-nilai makanan segar dari peternakan mereka, dan memasak untuk keluarga dengan cinta. Sekian persen dari hasil penjualan buku ini pun, akan disumbangkan untuk anak-anak yang mengalami cacat perkembangan, hal yang juga dialami kakak perempuannya.

Eva membagi bukunya yang setebal 224 halaman ke dalam kategori-kategori, seperti makanan pembuka, sup dan salad, hidangan ikan, unggas, sapi, saus dan dressing, tortila, biskuit, dan roti, serta makanan penutup dan minuman. Tak kurang 100 resep yang mudah dan lezat dikumpulkan dalam buku ini. Semua hidangan tersebut merefleksikan budaya Meksikonya, dengan cita rasa yang sangat kuat. Pedas adalah salah satu di antaranya.

*)Kompas Female, 20 April 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan