-->

Kronik Toggle

DIY Kembangkan Perpustakaan Desa

YOGYAKARTA – Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Propinsi DIY pada tahun 2011 akan membentuk 156 perpustakaan di pedesaan. Hal ini berangkat dari pemikiran minimnya minat baca masyarakat di DIY yang bahkan masih menyisakan beberapa penduduk buta huruf.

Kepala BPAD DIY, Hendarto Budiyono mengungkapkan pada tahun 2010 lalu di DIY telah dikembangkan 88 perpustakaan desa. Kemudian pada tahun 2012 akan dikembangkan 170 perpustakaan desa.

“Di setiap perpustakaan desa akan mendapat bantuan 1.000 eksemplar buku dengan 500 judul. Masing-masing juga akan mendapatkan bantuan rak buku serta bimbingan teknis untuk mengelola perpustakaan,” ujarnya pada Workshop Pemasyarakatan Minat Baca dan Perpustakaan di Hotel Inna Garuda Yogyakarta, Kamis (7/4).

Menurutnya, dari segi jenis buku yang disediakan harus memiliki persyaratan local content atau budaya lokal sesuai dengan kebutuhan masyarakat di desa tersebut. Sehingga tidak menggunakan rumusan secara general tetapi berbeda-beda di setiap desa.

“Misalnya masyarakat di Bantul selatan umumnya bertani bawang merah, maka harus ada buku yang berkaitan dengan budidaya bawang merah. Demikian pula di desa yang kebanyakan mata pencahariannya sebagai peternak harus ada buku yang berkaitan dengan peternakan,” imbuhnya.

Sumber: Krjogja.com, 7 April 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan