-->

Lainnya Toggle

(Bukan) Rahasia Selma (Sidang #8)

rahasia-selma-book-coverRahasia Selma | Linda Christanty | Gramedia Pustaka Utama | Mei 2010 | 130 hlm | Soft Cover | Ukuran: 13.5×20 mm | Jenis: Cerpen | Teks: Indonesia | ISBN 9789792256567 |

Melalui 11 ceita pendeknya, Linda Christanty menawarkan serakan-serakan kisah anak manusia yang bergelut dengan trauma, tekanan, pemberontakan, dan pengalaman-pengalaman hidup yang terbenam dalam rahasia-rahasia. Ke 9 dari cerpen-cerpen itu sudah pernah diterbitkan di media massa seperti Koran Tempo, Media Indonesia, dan Demos sejak 2005 hingag 2010. Sisanya yang dua lagi menjadi semacam pelengkap, mungkin agar buku ini sedikit memiliki ketebalan di atas 100 halaman.

Dengan cerita-cerita itu Linda mengajak pembaca meninggikan imajinasi ke ruang-ruang yang asing, ruang-ruang dengan tokoh dan latar yang buram. Barangkali ini disengaja Linda untuk membiarkan setiap pembaca mencari sendiri ruang-ruang itu dalam imajinasinya melalui deskripsi-deskripsi suasana yang ditulis Linda dengan detail.

Seks, trauma, dan obsesi. Ranah ini terjawab dalam cerpenPohon Kersen” yang menampilkan pengalaman seksual seorang anak di masa kecil dan meninggalkan rahasia kepedihan sepedih pohon kersen yang akan ditebas di depan rumahnya. Juga dalam cerpen “Jazirah dari Utara” yang menautkan sedikit pemberontakan pada normal sex dengan doktrin klasik. Perselingkuhan dalam cerpen “Babe” semakin menguatkan ke mana ranah seks ini diputar.

Meski di sampul belakang buku ini terpahat sebuah kalimat “Rahasia orang-orang yang berjuang melawan ketidakadilan, trauma, doktrin, mitos, kesunyian, atau bahkan apa yang mereka sendiri tak tahu”, namun secara keseluruhan, cerpen-cerpen Linda tidak sungguh-sungguh menyajikan sebuah dorongan pada pembaca untuk membentuk kesadaran akan sebuah ketidakadilan, apalagi membongkar sebuah rahasia dari orang-orang yang melawan. Cerpen Linda sekadar memberikan kesadaran suatu kondisi bahwa ada  orang-orang  yang menyimpan trauma dan rahasia-rahasi dalam kesunyian. Sebuah hal yang wajar.

Akhirnya, dengan tidak banyak hal terungkap seperti disesumbarkan penerbit, dan juga diharapkan pembaca, Rahasia Selma kemudian menjadi rahasia Linda Christanty sendiri. Cerita-cerita yang tak selesai, menyimpan rahasia, dan memancing banyak pertanyaan. Tak akan selesai. (Diana AV Sasa)

Rahasia Selma adalah pemenang Khatulistiwa Literary Award 2010 untuk kategori PROSA

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan