-->

Kronik Toggle

10 Wanita Bersepeda Jakarta-Jepara untuk Berbagi Buku

Bulan ini oleh beberapa kalangan terkadang disebut sebagai bulan Kartini. Bulan dimana dirayakan Hari Kartini pada tanggal 21 April di setiap tahunya. Pada bulan ini kita pasti akan sering mendengar banyak kegiatan yang berkaitan dengan sosok Kartini sendiri seperti lomba busana kartini, memasak, dan masih banyak lagi jenis kegiatan yang lain.

Namun ada yang berbeda dengan yang dilakukan 10 perempuan sebuah komunitas yang menamakan diri mereka Srikandi Bike to Work (B2W). Perempuan-perempuan cantik ini berencana untuk melakukan Tour dengan menggunakan sepedea dari Jakarta – Jepara.

Yang menarik lagi adalah tujuan mereka yang ingin membagikan buku-buku gratis untuk di sumbangkan ke Perpustakaan R.A Kartini di Jepara. untuk liputan selengkapnya bisa anda baca sebagaimana dikutip dari seputar-indonesia.com berikut ini ;

Peringatan Hari Kartini biasanya selalu diidentikkan dengan kegiatan ramai yang menggunakan busana kebaya.Tapi,tidak dengan perempuan-perempuan cantik ini.

Pada 13 April 2011, 10 perempuan tanggung yang disebut Srikandi Bike to Work (B2W) akan mengayuh sepedanya dari Jakarta menuju Jepara,Jawa Tengah. Jarak yang mereka tempuh hampir 600 kilometer.Satu dari sepuluh perempuan tersebut ialah Rini Rismiati yang merupakan anggota B2W Chapter Bandung,Jawa Barat. Rini mengaku senang bisa menjadi bagian dari Gowes Srikandi yang akan menempuh rute Jakarta-Jepara.Ini menunjukkan bahwa kaum perempuan pun mampu melakukan kegiatan ekstraberat. “Kita akan buktikan bahwa perempuan itu mampu mengayuh sepeda dalam jarak jauh.Ini sebagai pembuktian Kartini masa kini dengan emansipasi di semua bidang,” ungkap Rini yang akrab disapa Ceuceu ketika ditemui SINDO di kawasan Car Free Day II Jalan Merdeka,Bandung kemarin. Sejak dua bulan lalu,dia dan sembilan Srikandi lain selalu berlatih di Jakarta.

Mereka bahkan sudah beberapa kali berlatih dengan rute yang cukup jauh antara lain Jakarta – Anyer,Jakarta – Bogor,Jakarta – Karawang,dan terakhir Jakarta – Bandung. “Latihannya dua minggu sekali dengan materinya mengatur ritme,stamina jarak jauh,juga dengan membawa beban 10 kilogram karena pada saat perjalanan nanti kita diwajibkan membawa beban masing-masing,”ungkapnya. Rini yang setiap weekend selalu menyempatkan bersepeda jarak jauh itu merasa gembira bisa bergabung dalam tim Srikandi Gowes Jepara ini.

Rini mengatakan,pada 13 April mendatang mereka start dengan dilepas Menegpora Andi Malarangeng di Jakarta. Dari Jakarta,mereka akan melintasi beberapa daerah di antaranya Purwakarta,Subang, Sumedang,Majalengka,Cirebon, Pekalongan,Kendal,Semarang, Demak,dan berakhir di Jepara.Setibanya di Jepara, para Srikandi ini akan membagikan buku bacaan gratis di perpustakaan RA Kartini. Wakil Wali Kota Bandung Ayi Vivananda memberi dukungan untuk Rini.

“Wah, hebat bisa bersepeda sejauh itu.Kita dukung dengan support,”ungkap Ayi kepada Rini ketika bertemu di tempat kumpul B2W Chapter Bandung di kawasan CFD II, Jalan Merdeka. Ayi mengaku salut dengan apa yang dilakukan Rini dan bergabung dengan peserta lainnya melahap jalur hingga ke Jepara dengan bersepeda. “Saya salut dengan semangatnya. Kalau saya,pasti gempor dengan jarak seperti itu,” ungkapnya.

Ketua B2W Bandung Satiya Adi Wasana mengungkapkan kebanggaannya karena salah satu anggotanya bisa turut bergabung dalam tim tersebut. “Kita bangga karena Ceuceu merupakan satu-satu wanita yang mewakili B2W Bandung untuk bergabung dalam Srikandi Gowes Jepara ini,”ungkapnya di lokasi yang sama. B2W Bandung,kata dia, memberikan dukungan dan semangat kepada Rini untuk bisa menaklukkan semua medan hingga di Jepara. “Kita support terus demi pesepeda Indonesia terutama kaum Srikandi yang dengan semangat mengikuti acara tersebut,” ungkapnya.?

YUGI PRASETYO
Bandung

*) Duniaperpustakaan.com, 11 April 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan