-->

Kronik Toggle

Ratna Sarumpaet:Novel Harga Mahasiswa

RATNA SARUMPAET

SENIMAN dan aktivis HAM Raina Sarumpaet, 61, baru saja meluncurkan novel berjudul Maluku, Kobaran Cintaku. Seperti judulnya, novel itu memang berlatar belakang konflik Maluku

Ibunda artis Atiqah Hasiholan tersebut menginginkan bukunya bisa dijual di kampus-kampus. Karena itu, dia ngotot kepada penerbitnya untuk menurunkan harga. Tadinya novel setebal Sehalaman tersebut dibanderol Rp 90 ribu. “Tetapi, saya minta harganya diturunkan. Kalau harganya segitu, anak kulia-han mana bisa beli?” katanya. Karena ibu lima anak tersebut tetap bersikeras, akhirnya penerbit mengabulkannya. Novel itu dijual dengan harga Rp 72 ribu. Buat Ratna, dirinya menerbitkan buku bukan untuk mencari keuntungan. Tetapi, sudah kewajibannya untuk membuat hasil tulisan yang dibaca banyak orang. “Novel setebal 512 halaman dijual segitu cukup murah. Apalagi saya mengerjakan novel ini dengan memakai survei dua tahun. Saya bolak-balik Jakarta-Maluku untuk mendapatkan kepastian data. Tidak melulu fiksi,” jelasnya.

Ratna mau repot bolak-balik karena ingin mendapatkan gambaran kuat tentang konflik yang terjadi. Novel itu diluncurkan kali pertama di Ambon saat Hari HAM Internasional pada 10 Desember 2010. “Sekarang diluncurkan secara nasional. Buku ini juga sudah ada di beberapa kota di Belanda. Saya berniat untuk mengangkatnya ke film yang akan saya sutradarai sendiri bersama seorang teman,” tandasnya. (jan/c7/nw)

*) jawapos, 27 Maret 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan