-->

Kronik Toggle

Fauzi Beberkan Berkurangnya Anggaran PDS HB Jassin

Jakarta -Gubernur DKI, Fauzi Bowo membeberkan alasan terjadinya penyusutan bantuan DKI untuk Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin hingga tersisa hanya Rp 50 juta per tahun. Padahal menurut perhitungannya, pemeliharaan gedung dan biaya operasional JB Jassin membutuhkan dana setidaknya Rp 600 juta per tahun.


“Waktu saya masih menjadi Wakil Gubernur, saya tinjau ke sana dan tahunya pada bocor. Saya bilang itu diperbaiki dan akhirnya diperbaiki. Tahunya karena perbaikan itu, bantuan yang seharusnya Rp 600 juta kemudian dipotong,” ujar Fauzi saat mengunjungi kantor Majalah Tempo, Kamis, 24 Maret 2011.

Pada waktu itu, kata Fauzi, DKI mengira setelah renovasi selesai maka anggaran bantuan tahunan dapat berangsur berkurang. Padahal renovasi dan alokasi bantuan Rp 600 juta per tahun adalah dua hal yang berbeda. Bantuan semakin berkurang dengan adanya anggapan bantuan sebanyak Rp 600 juta itu dihitung sebagai bantuan untuk beberapa tahun ke depan bukan untuk per tahunnya.

“Yang satu urusan gedung dan lainnya urusan operasional. Akhirnya bantuan terus dipotong,” kata Fauzi.

Fauzi berjanji akan mengubah besaran bantuan anggaran tersebut menjadi lebih dari Rp 50 juta pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah-Perubahan. Nantinya perubahan besaran anggaran akan mampu mengakomodasi keperluan PDS HB Jassin untuk tahun ini, dan akan diprogramkan lagi untuk tahun berikutnya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pembina Yayasan Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin, Ajip Rosidi, menyampaikan, PDS HB Jassin bisa berjalan lagi kalau dana yang disediakan minimal Rp 1 miliar.

Menurutnya, sejak dana dikurangi, dana simpanan yang dimiliki yayasannya telah habis pada akhir 2010. Dana itu dipakai menutup berbagai kekurangan. Ajip pun mengaku terkejut bahwa pada anggaran 2011 hanya disediakan Rp 50 juta oleh Pemerintah DKI Jakarta. “Itu berarti HB Jassin harus ditutup,” katanya, Senin, 21 Maret 2011.

RENNY FITRIA SARI

*) Tempointeraktif, 24 Maret 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan