-->

Kronik Toggle

April, XL Baca Hadir di Tablet dan Ponsel Pintar

Jakarta – Mulai bulan depan pelanggan XL dapat menikmati layanan XL Baca di semua perangkat tablet dan ponsel pintar.


“Kami ingin menumbuhkan minat baca yang masih rendah, makanya nanti akan ada aplikasi khusus di platform dan wap,” ujar Damayanti Ariandini, Business Development Manager Application and Software PT Huawei Tech Investment disela-sela peluncuran XL Baca di Hard Rock, hari ini.

Damayanti menjelaskan Huawei akan menggarap teknologi untuk layanan baca di semua perangkat, sedangkan XL akan menggarap distribusi dan pengembangan ke pelanggan.

XL Baca merupakan layanan buku digital yang saat ini diisi oleh enam penerbit yakni Kompas Gramedia, Jakarta Post, Tempo, Mizan Digital Publishing, Tiga Serangkai dan MRA. Hingga akhir tahun diharapkan akan bertambah menjadi 11 penerbit.

‎ ​Head of Device Management – MDS PT Excelcomindo Axiata Tbk (XL) Agung Wijanarko mengatakan saat ini memang layanan tersebut dibundling dengan Huawei. Namun ke depan, layanan ini bisa dinikmati pada semua tablet dan ponsel pintar.

Menurutnya ke depan, peluang pengguna layanan ini cukup besar karena tak hanya membaca dari tablet tapi juga dari ponsel pintar. XL, kata dia, menawarkan cara yang berbeda untuk konten ini. Pengguna bisa membeli, berlangganan dan meminjam buku yang diinginkan. “Kalau ada yang menawarkan lewat perangkat, layanan ini berbasis telekomunikasi,” ujar Agung.

Damayanti menargetkan pembaca atau pengguna layanan ini mencapai 400 ribu orang. Dia optimistis dapat mencapai angka tersebut dengan variasi skema layanan, apalagi dengan sisitem rental atau peminjaman buku yang murah mulai dari Rp 1000 per buku per bulan.

“Versi digital ini jauh lebih murah, contohnya untuk versi cetak 80-90 persen lebih murah dan untuk langganan koran atau majalah 50-60 persen lebih murah,” ujarnya. Dalam kesempatan ini juga diluncurkan buku Trilogi Srimulat dan dapat dibeli dalam versi digitalnya.

DIAN YULIASTUTI

*) Tempointeraktif, 8 Maret 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan