-->

Kronik Toggle

Plagiat, Gelar Doktor Menteri Luar Negeri Jerman Dicopot

BERLIN – Kabar memalukan datang dari kabinet Jerman. Gelar doktor Menteri Pertahanan Jerman, Karl-Theodor zu Guttenberg, secara resmi dicopot setelah universitas tempat ia mengambil desertasi memutuskan ia telah melakukan pelanggaran serius terhadap standar perguruan tinggi. Karya tulisnya dipenuhi plagiarisme.

Karl-Theodor, yang baru-baru ini mengambil alih posisi Angela Merkel sebagai politisi paling populer di Jerman dalam jajak pendapat, mengaku di depan parlemen Jerman, Rabu (23/2), bahwa ia melakukan kesalahan serius dalam karya akademisnya. Ketika ia menyelesaikan studi pada 2006 ia telah menjadi anggota parlemen.

Ia mengatakan saat itu ia begitu terbebani dengan pekerjaan menulis sementara ia tengah mulai berkeluarga dan mengawali karir politiknya. Ia mengaku terlalu sombong dan meyakini bahwa ia mampu melakukan semua peran itu dalam waktu bersamaan.

“Saya tidak sungguh-sungguh berniat curang, namun memang membuat kesalahan serius,” demikian pembelaan Karl-Theodor yang langsung disambut cemooh oleh anggota dewan.

Sebelum melakukan pembersihan diri di Bundestag–nama gedung parlemen Jerman–politisi berusia 39 tahun ini melayangkan surat kepada almamaternya, Universitas Bayreuth. Ia meminta mereka mencabut gelar doktornya.

Dalam waktu 24 jam permohonannya dikabulkan. Pada Rabu malam universitas mengeluarkan pernyataan berisi konfirmasi bahwa Karl-Theodor tak bisa lagi menyebut dirinya Dr.

Karl-Theodor zu Guttenberg, kini dijuluki Googleberg, mencoba menghilangkan badai yang menerpanya setelah skandal desertasinya mencuat pekan lalu. Ia dengan enteng menyebut tudingan plagiarisme itu sebagai ‘hal fantastis’.

Sumber: Portal Berita Online Republika, 24 Februari 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan