-->

Kronik Toggle

Menteri Pertahanan Jerman Dituduh Plagiat

BERLIN – Menteri Pertahanan Jerman, Karl-Theodore zu Guttenberg, membantah tuduhan surat kabar Suddeutche Zeitung bahwa dia melakukan plagiat untuk menyelesaikan thesis doktornya.

Guttenberg, 39 tahun, membuat thesis berjudul “Constitution and Constitutional Treaty: Constitutional Developments in the US and EU” untuk menyelesaikan program PhD di Universitas Bayreuth pada 2006 lalu.

Seperti dilaporkan, Guttenberg mendapat nilai tinggi untuk disertasi hukumnya itu. Tapi Suddeutche Zeitung mengungkapkan  beberapa bagian dalam tesis tersebut ternyata di plagiat dari pekerjaan orang lain. Bahkan, tulis Suddeutche, Guttenberg mengkopi kata per kata dari satu bagian artikel surat kabar dan artikel lainnya tanpa menyebut nama penulisnya.

Tapi tuduhan ini dibantah Guttenberg. Bekas anggota parlemen populer dari blok konservatif sejak 2002 ini, mengatakan tuduhan itu mustahil. Adapun universitas mengatakan akan menginvestigasi kasus ini. Sedangkan Kanselir Jerman Angela Merkel, melalui juru bicaranya, mengatakan memperhatikan kasus ini tapi akan menunggu sampai dikeluarkannya keputusan oleh otoritas universitas sebelum bertindak.

Sumber: Portal Berita Tempo Interaktif, 17 Februari 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan