-->

Kronik Toggle

Komikus Surabaya Luncurkan Serial 101 Hantu Nusantara

Surabaya – Hantu sering dikait-kaitkan dengan hal yang mengerikan. Tak jarang orang bisa lemas saat bercerita bahwa dirinya baru bertemu hantu. Apalagi kalau ada 101 hantu yang bisa kita temui. Namun, itu tak akan terjadi bila 101 hantu tersebut disajikan dalam komik.

segala hal lelucon tentang hantu dituangkan dalam komik serial 101 Hantu Nusantara yang semalam baru diluncurkan. Ilustrator sekaligus komikusnya, Yudis, Broky dan Pak Waw asli arek Suroboyo. Dijamin, saat membaca komik ini Anda tak lagi takut pada hantu.

“Hantu itu budaya lokal yang semakin terlupakan. Kami ingin mengingatkan lagi kepada seluruh manusia bahwa hantu memang ada dimana-mana, dan kita tak perlu takut,” tutur Misbachul Bachtiar, karakter Broky dalam komik 101 Hantu Nusantara saat launching komiknya di Galeri CCCL, Jalan Darmokali, Sabtu (26/2/2011) malam.

Situasi yang tergambar dalam komik, lanjut Broky, sengaja dibuat lucu. Menurutnya, hantu sebenarnya memiliki kepribadian yang menyenangkan. Ketiga komikus tersebut kompak mengajak pembaca tidak akan lari terbirit-birit saat bertemu hantu.

“Mereka (hantu, Red) punya kepribadian yang menyenangkan. Jadi, kami usul, saat Anda nanti bertemu hantu, ajak ngobrol aja, tanyakan asalnya. Kita bisa bercengkerama dengan hantu tanpa ketakutan,” tambah Yudis, yang merupakan alumni Unesa Jurusan Desain Grafis tahun 2006.

Dengan diluncurkannya komik ini, masyarakat Kota Pahlawan dapat berbangga. Cerita atau mitos lokal kita dapat diangkat menjadi issue yang menarik. Selain itu, distribusi komik ini rencananya akan tersebar secara nasional. Nah, tunggu apalagi, buktikan bahwa hantu itu tidak selalu mengerikan.

(bdh/bdh)

*)detiksurabaya, 26 Februari 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan