-->

Kronik Toggle

Kabar Resensi Pekan Pertama Februari 2011

Berikut ini adalah Edisi Khusus RESENSI yang disiarkan RADIO BUKU bekerjasama dengan portal berita www.indonesiabuku.com. Kabar sepekan resensi buku di sejumlah media di Indonesia.

NibiruNibiru dan Ksatria Atlantis karya Tasaro GK

Dimuat MEDIA INDONESIA, 5 Februari 2011

Buku ini dibahas secara khusus dalam Obrolan Pembaca Media Indonesia oleh lima anggota Komunitas Good Reads Indonesia. Berkisah mengenai petualangan Dhaca Suli mempertahankan Tanah Airnya, Kedhalu, dari kekuatan Nabiru dan penguasa Atlantis. Di bagian awal, racun novel fantasi ini berjalan sangat lambat. Namun diakui pembacanya, buku ini menjadi salah satu fiksi fantasi lokal yang berhasil keluar dari pengaruh fantasi impor.

Economist with Gun karya Bradley Simpson (Gramedia, 2011)

Dimuat MEDIA INDONESIA, 5 Februari 2011

Buku ini mengungkap banyak keterlibatan AS dalam kelahiran Orde Baru dengan bersumber pada dokumen-dokumen rahasia. Salah satunya pernyataan blak-blakan pejabat AS yang mengakui menyiapkan militer untuk menggulingkan Presiden Soekarno.

Political Reform in Indonesia After Soeharto karya Harold Crouch  (ISEAS, Singapore, 2010)

Resensi oleh Ahmad Sahidah

Dimuat KOMPAS 6 Februari 2011

Buku ini menelaah bagaimana Indonesia mengelak dari jurang bahaya setelah tahun 1998 dengan memberi perhatian bagaimana itu semua dilakukan berbagai institusi seperti partai politik, militer, pemerintahan, dan pengadilan. Bagaimanapun mesti disadari reformasi bukan merupakan upaya perbaikan yang direncanakan dengan baik terhadap institusi negara, melainkan karena sebuah respons terhadap keadaan kacau tahun 1998.

Sie Djin Koei karya Oto Suastika (Siauw Tik Kwie) (Wastu Lanas Grafika, 2010)

Dimuat Republika, 6 Februari 2011

Komik ini naskah aslinya terbit pertama kali pada 1912. Bercerita tentang seorang jenderal di masa Dinasti Tang, saat kaisar Taizong berkuasa. Kisah kepahlawanan Jenderal Sie Djin Koei sering dijadikan lakon pada teater dan wayang potehi. Di Indonesia, kisah Sie Djin Koei diadaptasi ke dalam bahasa Jawa dan dikenal dengan nama Pangeran Joko Sudiro.

Obama Dibalik Aksi Yahudi karya Ruslani dan Toto Suparto (Galangpress, 2010)

Resensi oleh Saiful Amin Ghofur

Dimuat JAWA POS, 6 Februari 2011

Sudah dua tahun kepemimpinan Barack Obama. Namun tak kunjung juga terjadi perubahan radikal. Buku ini menuntun pembaca menyusuri lorong gelap kecamuk pertikaian kawasan Timur Tengah. Terutama tampak demikian ketidaktegasan Obama menindak arogansi Israel.

The Talent Code: Rahasia Bakat karya Daniel Coyle (Esensi, 2010)

Resensi oleh Yugha Erlangga

Dimuat KORAN TEMPO, 6 Februari 2011

Bakat dalam definisi Daniel bukanlah potensi bawaan yang luar biasa, melainkan keterampilan yang diasah berulang-ulang. Buku ini membeberkan bagaimana bakat itu dipupuk tidak dengan jalan instan. Daniel mencontohkan bakat dari kaki-kaki pemain Brasil yang bukan lahir dari kombinasi antara gen dan lingkungan, melainkan budaya futsal di pemukiman-pemukiman kumuh dengan bola lebih kecil tapi beratnya dua kali lipat dari berat bola lazimnya.

Potret Kekayaan Kuliner Yogyakarta Kersanan Ndalem: Menu Favorit Para Raja karya Murdjiati Gardjito (Kanisius, 2010)

Resensi oleh K Usman

Dimuat Suara Merdeka, 6 Februari 2011

Buku ini menggambarkan dunia dhahar dalem, seperti tata cara makan, memasak, dan cara penyajiannya. Di Kraton Yogyakarta, ada dapur khusus yang disebut sebagai pawon ageng dan tim masak disebut boja. Dikabarkan juga, Sri Sultan Hamengku Bowono IX punya kesukaan khusus, yakni memasak.

Jejak Pemikiran BJ Habibie karya Andi Makmur Makka (Mizan, 2010)

Resensi Rhizavan Sufi Thoriqi

Dimuat KEDAULATAN RAKYAT, 6 Februari 2011

Buku ini menghadirkan sosok BJ Habibie sebagai sosok jenius yang mampu mengubah dunia dan negerinya melalui pemikirannya di bidang teknologi. Salah satunya adalah lahirnya PT Dirgantara Indonesia yang memproduksi pesawat N-235 dan N-250.

Dinamika Hutan Rakyat di Indonesia karya Hasanu Simon (Pustaka Pelajar, 2010)

Resensi Aris Abdul Hadi

Dimuat KEDAULATAN RAKYAT, 6 Februari 2011

Buku ini menelisik bagaimana fungsi hutan menurun. Dari hutan alam menjadi hutan industri. Penelitian dalam buku ini dilakukan di empat lokasi: Pegunungan Kapur Selatan (P Jawa), Krui (Lampung), Talang Mamak (Riau), dan Benuak (Kalimantan Timur). (GM)

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan