-->

Kronik Toggle

Buku SBY Dibakar Cicak Magelang karena Ilegal

MAGELANG–Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Cicak (Cinta Indonesia Cegah Korupsi) membakar sembilan buku serial Lebih Dekat dengan SBY di depan kompleks Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Magelang (23/2).

Sebagaimana dilaporkan Harian Jogja Edisi 24 Februari 2011, pembakaran itu dilakukan sebagai bentuk protes karena buku-buku tersebut ilegal dan merugikan keuangan negara. “Ini tidak sesuai dengan kebutuhan sekolah,” jelas Koordinator LSM Cicak, Bintoro Dwi Prasetyo, di sela-sela aksi.

Kata Bintoro, buku-buku yang diberikan dalam DAK itu berdasarkan pengajuan sekolah. Pihaknya telah memeriksa, tidak ada sekolah yang mengajukan buku serial SBY tersebut. Namun, sekolah dipaksa untuk membeli. Negara yang rugi, karena pengadaan buku tersebut didanai oleh uang negara.

Bintoro menilai beredarnya buku-buku SBY di SD dan SMP di Kabupaten Magelang merupakan politisasi pendidikan. Akan lebih baik apabila buku tersebut didistribusikan ke perpustakaan umum. Sedangkan perpustakaan sekolah, lebih tepat menyediakan buku tentang pahlawan-pahlawan nasional yang telah teruji nasionalismenya.

1 Comment

Nurul Hidayah - 25. Feb, 2011 -

Apakah tidak ada cara protes yang lebih terhormat? Bagaimanapun pembakaran buku adalah bentuk kejahatan yang tak pantas dilakukan oleh orang yang mengaku intelek dan aktivis pejuang rakyat…

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan