-->

Kronik Toggle

Inilah Daftar Penerima Anugerah Tirto Adhi Soerjo

JAKARTA–Tradisi pemberian Anugerah Tirto Adhi Soerjo sudah dimulai sejak Desember 2007 atau bertepatan dengan pencanangan Seabad Pers Kebangsaan (1907-2007). Ini adalah proyek riset yang dilakukan Newseum Indonesia bekerjasama dengan Indonesia Buku (IBOEKOE) menapaktilasi perjalanan sejarah jatuh-bangunnya pers di Nusantara.

Atas ikhtiar mengingatkan dan menyinambungkan jalan pers yang telah dibabat Tirto Adhi Soerjo dan aktivis-aktivis pergerakan semasa itulah Anugerah Tirto diselenggarakan.

Berikut adalah daftar nama-nama penerima:

2007 12 07: Pramoedya Ananta Toer; adalah sang pemula yang dengan segala kegigihannya menampilkan kembali Tirto Adhi Soerjo dari pembungkamannya yang panjang dengan riset yang melelahkan. Novel Kuartet Buru adalah sebuah penghormatan tak ternilai kepada tokoh ini yang sebisa-bisa diusahakannya. Tirto Adho Soerjo adalah sang pemula di masanya, tapi Pram yang kemudian membuat nama ini mahsyur ke seantero jagat dengan kharismanya sebagai manusia dan sekaligus pembangkit dinamo kebangsaan yang tetap terjaga.

2008 12 07: Bambang Ismawan; adalah sang pemula yang menerbitkan majalah pertanian yang berdekade-dekade didorongnya dengan keyakinan penuh untuk memediasi antara pemerintah dan petani. Tapi ia bukan sekadar tokoh pers, tapi juga relawan sosial yang membaktikan hidupnya bagi kemandirian petani di Indonesia.

2008 12 07: Soebagijo IN; adalah sosok yang konsisten dan terus-menerus merawi dan merawat ingatan bersama kita tentang dunia pers Indonesia. Kerja kronikal dan dokumentanya itu membantu generasi selanjutnya untuk mengenali alamat-alamat penting mana saja yang sudah kita lalui dan akan kita jejaki.

2009 12 07: Onno Widodo Purbo; ia adalah sang pemula yang telah mengubah teknologi komunikasi menjadi teknologi kewargaan

2009 12 07: Radio 68 H; Isaac Santoso adalah pribadi dengan keteguhan tekadnya terus bekerja di balik layar dan mengantar KBR 68H menjadi media yang menampilkan kesegaran baru dalam produksi berita radio dengan mengambil suara akar rumput yang senyap. Kelihaiannya membangun jaringan menobatkan radio ini sebagai gudang berita publik pertama berbasis radio dengan etos yang dibangun dengan semangat melayani kebutuhan informasi publik dengan jangkauan mahaluas. (GM/IBOEKOE)

1 Comment

kang Hadi - 07. Des, 2010 -

selamat dan sukses para peraih award. semoga bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan negara

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan