-->

Kronik Toggle

Cine Book Club Memutar Film Jurnalistik di Bulan Desember

Cine Book ClubYOGYAKARTA — Bulan Desember adalah bulan jurnalistik. Di bulan inilah, tepatnya 7 Desember 1918, jurnalis terkemuka Tirto Adhi Soerjo–atau Minke dalam Tetralogi Buru Pramoedya Ananta Toer–meregang nyawa dalam kesunyian yang sakit setelah memberi semua-mua kehidupannya pada dunia jurnalistik.

Di bulan ini pula, saban tahun, nyaris seluruh pers menyiapkan bundelan evaluasi terhadap apa yang sudah dilakukan warga dan elite dalam konteks sebuah bangsa dan sekaligus dalam kerangka negara.

Cine Book Club, bekerjasama dengan Indonesia Buku dan Angkringan Buku, merayakan Desember sebagai bulan jurnalistik dengan menyelenggarakan pemutaran film-film dengan tema jurnalisme multiragam selama sepurnama penuh. Berikut daftar film dan tanggal penyelenggarannya di Studio 2 Cine Book Club, Patehan Wetan No. 3, Alun-Alun Kidul Kraton Yogyakarta.

1. Sabtu, 4 Desember 2010, pukul 19:00: “Man Som Hattar Kvinnor” (2008), Swedia. Jurnalisme Investigasi, melibatkan seorang wartawan majalah kiri dan hacker ulung untuk membongkar kasus pembunuhan absurd di kota kecil Swedia. Teks: Indonesia.

2. Sabtu, 11 Desember 2010, pukul 19:00: “Good Luck, and Good Night” (2005), Amerika. Jurnalisme televisi berhadapan dengan kepentingan senator paranoid Amerika. Teks: Indonesia

3. Sabtu, 18 Desember 2010, pukul 19:00: “Nothing But the Truth” (2008). Amerika. Seorang jurnalis perempuan dipaksa oleh pemerintah Amerika membocorkan nama narasumber yang ia peroleh saat menulis liputan mengenai rahasia CIA. Teks: Inggris

4. Sabtu, 25 Desember 2010, pukul 19:00: “The year of Living Dangerously” (1982). Jurnalis Australia meliput peristiwa gestok dan terjebak dalam karut marutnya keadaan. Teks: Indonesia

Seperti biasa, tersedia free drinks, snacks, dan doorprizes! Acara ini dlengkapi pula dengan diskusi bersama penulis-penulis ternama tanah air. Ada banyak voucher yang diecerkan untuk bisa ditukarkan dengan makanan dan minuman di Angkringan Buku. (Ardyan M Erlangga/Cine Book Club)

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan