-->

Lainnya Toggle

Buku (juga) Berperasaan, Maka Rawatlah!

VinnaOleh Vinna Kurniawati

Sebagai peminat dan pengoleksi buku, sangat penting untuk menjaga kondisi buku yang kita miliki. Tentu akan sangat menyebalkan jika buku yang sudah kita beli dengan harga yang tidak murah itu malah akhirnya rusak. Begitu pula jika kita akan meminjamkan buku-buku itu kepada orang lain. Saya pribadi akan merasa harap-harap cemas dengan keadaan buku saya nantinya saat dikembalikan karena orang lain belum tentu akan memperlakukan buku itu sebaik yang kita sendiri lakukan.

Keadaan ini juga berlaku jika kita adalah orang yang meminjam buku kepada orang lain, atau kepada tempat peminjaman buku. Tidak dipungkiri, mereka pasti akan sangat senang jika kita mengembalikan buku tersebut dalam keadaan baik, seperti sebelumnya, tanpa kurang satu apa pun.

Berikut adalah tips memperlakukan buku dengan baik a la Black Rabbit:

  1. Disarankan untuk langsung menyampul buku ketika baru dibuka sehingga hasil menyampul akan terlihat bagus dan keadaan buku akan terlihat masih seperti baru.
  2. Pilihlah sampul plastic yang tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal dan jangan menempelkan solasi pada cover buku karena itu akan membuat cover buku mengelupas jika kita akan mengganti sampulnya.
  3. Simpan buku dalam lemari tertutup sehingga terhindar dari debu dan simpanlah dalam keadaan rapi. Keadaan horizontal lebih disarankan sehingga buku tidak akan melengkung, tapi jika diletakkan secara vertical, pastikan buku dijajarkan secara rapat tanpa celah yang terlalu lebar.
  4. Letakkan beberapa butir kapur barus ke dalam lemari buku. Selain berguna untuk membuat buku menjadi wangi juga dapat menyingkirkan jamur dan mencegah buku menjadi kuning. Lebih disarankan menggunakan kapur barus yang dilapisi kertas tipis atau terbungkus khusus.
  5. Jangan meletakkan buku di bawah panas matahari langsung, ini akan membuat buku menjadi kuning.
  6. Jangan melipat buku dan mencoret-coret di bagian manapun! Gunakan saja pembatas buku.
  7. Jangan menelungkupkan buku dalam keadaan terbalik, ini bisa merusak jilid buku. Gunakan saja pembatas buku.
  8. Membaca dalam keadaan tiduran atau bertumpu pada satu tangan akan membuat tangan kita harus menekuk buku dengan terlalu keras sehingga buku melengkung dan merusak jilid dan cover buku.
  9. Pilih pembatas buku yang tidak terlalu tebal dan tidak banyak ornament sehingga buku tidak menggelembung.
  10. Jangan menyimpan buku di dalam tas yang penuh barang. Lebih baik membungkus buku tersebut dengan kantong plastic atau tas khusus sebelum di masukkan ke dalam tas.

Semoga bisa membantu, karena bagaimana pun buku juga punya perasaan.

221210 ~ Black Rabbit ~

* Vinna Kurniawati, pencinta buku dan tinggal di Bandung

Foto: Facebook. Tulisan diambil dari note FB-nya

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan