-->

Kronik Toggle

2011, Pemerintah Akan Bangun 500 Taman Bacaan

Surabaya – Pemerintah terus meningkatkan taman bacaan masyarakat (TBM) di seluruh tempat pelayanan publik atau pusat perbelanjaan. Saat ini, sudah ada 5.500 TBM di seluruh Indonesia. Salah satunya di TBM Rumah Sakit Islam (RSI) Wonokromo, Surabaya, yang juga termasuk TBM di rumah sakit pertama kali di Indonesia.

“Target kita di Tahun 2011 ada 500 taman bacaan. Setiap tahun ada penambahan 500 taman bacaan,” kata Menteri Pendidikan Nasional M. Nuh kepada wartawan di sela-sela peresmian TBM RSI  Wonokromo di Raya Wonokromo, Minggu (12/12/2010).

Nuh mengatakan, pendidikan tidak hanya dilakukan di pengajaran sekolah, tapi membaca dapat ditumbuhkembangkan di pusat keramaian, pelayanan publik, rumah sakit, mall, terminal, di tempat ibadah.

“Taman bacaan di rumah sakit merupakan rintisan. Pilihan ini diambil dengan melihat kecenderungan masyarakat, khususnya keluarga pasien dan pengunjung, yang haus akan informasi dan pengetahuan sehari-hari, khususnya informasi kesehatan,” jelasnya.

Mantan Rektor ITS ini menjelaskan, tugas pemerintah menyiapkan seseorang bisa membaca. Namun, ada 3 syarat yang harus dipenuhi, yakni, menumbuhkan minat membaca.

Kedua, fasilitas agar anak-anak atau masyarakat dapat membaca dan metodelogi membaca. “Ketiganya ini perlu kerja keras luar biasa. Bukan membaca karakternya, tapi substansi kalimat per kalimat, termasuk kecepatan membaca. Kita akan kumpulkan para ahli untuk merumuskan membaca cepat dan pengetahuan dari membaca,” tandasnya.

(roi/wln)

*) Detiknews, SUrabaya, 12 Desember 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan