-->

Kronik Toggle

Perpustakaan Surabaya Siap ke Lomba Pelayanan Publik

SURABAYA-Badan Arsip dan Perpustakaan Surabaya terpilih mewakili Pemkot Surabaya ke ajang Lomba Pelayanan Publik Jawa Timur. Lomba Pelayanan Publik dilaksanakan Kamis (21/10) besok.

ARINI PAKISTIANINGSIH Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Surabaya pada suarasurabaya.net, Rabu (20/10), mengatakan, ditunjuknya Badan Arsip dan Perpustakaan Surabaya ini karena beberapa prestasi yang sebelumnya sudah diraih.

“Bagian Organisasi Pemkot Surabaya menilai kita sudah pernah terpilih jadi Perpustakaan Percontohan di tingkat provinsi pada tahun 2009. Disamping itu, meraih sertifikat ISO tahun 2007. Diharapkan ini jadi bekal bisa merebut prestasi kembali di Lomba Pelayanan Publik tingkat Jawa Timur,”ujar ARINI.

Untuk maju ke tingkat propinsi, ARINI menjelaskan cukup banyak persiapan yang dilakukan. Mulai fisik bangunan gedung Perpustakaan Surabaya yang ada di Rungkut, kebersihan, kenyamanan suasana di dalam ruang perpustakaan, sumber daya manusia (SDM) juga dilihat apakah melayani pengunjung dengan ramah.

Mengingat ini lomba pelayanan prima bagi masyarakat, ungkap ARINI, pihaknya juga menyiapkan progresif pencapaian kinerja, manajemen administrasi termasuk dalam menghadapi keluhan pelanggan, pendokumentasian buku-buku dan beragam informasi serta prosedur kerja.

ARINI menjelaskan sampai saat ini Perpustakaan Surabaya memiliki 210 ribu unit buku mulai novel, buku pelajaran sekolah, fiksi, buku-buku keterampilan, penunjang segala macam mata pelajaran, buku dongeng anak-anak. Untuk mengelola Perpustakaan Surabaya, ditangani 23 Pegawai Negeri Sipil (PNS), 200 non PNS yang melayani sarana perpustakaan baik yang permanen maupun mobile di 200 titik di Surabaya.

“Perpustakaan Surabaya menyediakan sarana baca di beberapa lokasi strategis seperti di Taman Flora, Balai RT dan Balai RW, di Liponsos serta lokasi yang memang dekat dengan permukiman,”tukas ARINI.

Khusus yang bersifat layanan mobile, kata ARINI, biasanya 1 judul disediakan 10 eksemplar. Masyarakat bisa menikmati layanan sudut baca maupun Taman Bacaan ini secara gratis. (tin)

*) suarasurabaya.net 20 Oktober 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan